SUARA INDONESIA

Disparbud Jember Targetkan Setiap Sektor Wisata Punya Nilai Edukasi

Wildan Mukhlishah Sy - 17 January 2022 | 17:01
Pemerintahan Disparbud Jember Targetkan Setiap Sektor Wisata Punya Nilai Edukasi

JEMBER- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jember, menargetkan setiap sektor pariwisata yang ada di Jember nantinya mampu memiliki nilai edukasi terhadap masyarakat.

Kepala Disparbud Jember Harry Agungtriono menjelaskan, kedepan wisatawan yang datang ke Jember tidak hanya ditawarkan untuk menyaksikan pemandangan saja, namun juga mendapatkan pengetahuan yang baru mengenai objek wisata.

"Nantinya wisatawan yang datang kesini tidak hanya untuk melihat landscape saja, tapi juga bisa mendapatkan edukasi. Ini tentu bisa dilakukan kedepan nanti," jelasnya, Senin (17/1/2022).

Menurutnya, setiap desa memiliki keunikan yang dapat dijadikan ciri khas tersendiri sebagai lokasi wisata. Beberapa diantaranya adalah perkebunan, pertanian, peternakan, perikanan dan sejumlah potensi lainnya.

"Kami percaya bahwa setiap desa itu pasti memiliki keunikan tersendiri, ada yang uniknya di pertanian, perkebunan atau hal-hal lainnya. Inilah yang akan kita lihat nantinya, untuk dijadikan wisata," katanya.

Dirinya menyebut, pembuatan wisata desa bukan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Hal tersebut, bergantung pada tingkat kreatifitas yang dimiliki oleh masyarakat dan pemerintah setempat.

"Saya rasa itu bukan hal yang sulit, dari yang kecil saja dulu. Seperti wisata edukasi menanam sayuran atau buah-buahan, ini bisa mulai diberdayakan," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan berusaha mengoptimalkan pelayanan dengan menghadirkan fasilitas yang baik bagi para pelancong di berbagai destinasi wisata Kabupaten Jember.

"Untuk fasilitas juga tentunya kami perhatikan, sejauh ini kami telah memperbaiki sejumlah toilet di beberapa tempat wisata, kedepannya akan terus kami optimalkan," lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Harry menambahkan, Disparbud memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung perkembangan dan prestasi yang telah diraih oleh sektor pariwisata yang ada di jember.

"Untuk prestasi yang telah dimiliki saat ini, tentu kami akan berusaha mempertahankannya. Memang ini sulit ya, untuk itu kami akan menggandeng para OPD," imbuhnya.

Sekedar informasi, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Jember yakni Pantai Papuma mendapatkan juara 1 dalam East Java Tourism Award 2021 dalam kategori daya tarik wisatawan.

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya