SUARA INDONESIA

Dinas PU CKPP Banyuwangi Gencarkan Pemeliharaan LPJU

Muhammad Nurul Yaqin - 11 April 2022 | 19:04
Pemerintahan Dinas PU CKPP Banyuwangi Gencarkan Pemeliharaan LPJU

BANYUWANGI- Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman (DPU CKPP) Banyuwangi, gencar melakukan pemeliharaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU).

Kepala Dinas PU CKPP Banyuwangi Danang Hartanto melalui Kabid Penataan Ruang Bayu Hadiyanto menyampaikan, saat ini urusan pemeliharaan LPJU telah ditangani dinas setempat.

"Pelayanan PJU kita sudah start per tahun 2021 kemarin, yang sebelumnya ditangani Dinas Perhubungan. Kini ada pergeseran tupoksi ke DPU CKPP," ucap Bayu, Senin (11/4/2022).

Bayu menyebut, pelayanan PJU di DPU CKPP Banyuwangi lebih kepada pemeliharaan. Sebab, kata dia, sejak dua tahun terakhir pandemi Covid-19, banyak lampu PJU yang mati.

Dia mencontohkan, seperti jaringan yang tidak terdeteksi, karena terkena pohon lalu putus, konektornya yang berkarat, serta ada juga bolanya yang mati. 

"Kemarin di saat hampir dua tahun kondisi dimatikan, karena lockdown apa, lalu dimatikan, dan setelah dihidupkan lagi itu banyak sekali kendala. Sehingga kita fokus pemeliharaan yang terus digencarkan," ujarnya.

Upaya tersebut, kata Bayu, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama pengguna jalan. Selain itu, dengan penerangan lampu jalan yang baik, maka akan berdampak pada kondisi tatanan kota yang baik.

"Pemeliharaan kita dasarkan pada kegiatan rutin di masing-masing UPTD. Ada empat UPTD yakni UPTD Banyuwangi, UPTD Rogojampi, UPTD Genteng dan UPTD Bangorejo," sebutnya.

Bayu juga meminta masyarakat agar ikut berperan dalam merawat LPU yang terpasang di berbagai ruas jalan di Kabupaten Banyuwangi. Terutama di lingkungan pedesaan ataupun perumahan.

"Karena di lingkungan itu ketinggiannya bisa sampai 5-6 meter. Bisa diganti menggunakan tangga jika memang mati. Kalau di jalan protokol jangan, kita pakai LED," pungkas Bayu. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya