SUARA INDONESIA

Alun-alun Purworejo Jadi Tempat Favorite Untuk Pembelajaran Kearifan Lokal Bagi Warga

Agus Sulistya - 14 May 2022 | 11:05
Pemerintahan Alun-alun Purworejo Jadi Tempat Favorite Untuk Pembelajaran Kearifan Lokal Bagi Warga

PURWOREJO - Warga di Kabupaten Purworejo dibikin ramai dengan trendingnya patung super hero yang seperti figur pahlawan avenger di Alun-alun Purworejo, Jawa tengah, Sabtu (14/05/2022).

Patung ini dibikin dengan ide unik supaya jadi daya magnet tertentu, bahkan juga, di jagat sosial media, salah satunya video yang memperlihatkan kekhasan salah satunya patung superhero dengan kearifan lokal ini sudah dilihat lebih satu juta lebih pemakai tiktok, patung itu jadi object swafoto untuk warga Purworejo atau luar Purworejo.

Berlainan dengan figur aslinya yang ganas dan memiliki sifat penolong dari kejahatan dan penganiayaan golongan kurang kuat, ini kali unik untuk patung itu terlihat menggendong anak kecil berbaju sama kenakan kain jarik sekalian menggenggam makanan seolah memvisualisasikan seorang bapak yang sedang menyuapi anaknya.

Patung berikut yang sejak mulai beberapa hari akhir trending di jagad media sosial, terutamanya tik tok dan Instagram, posting video seorang masyarakat dengan latar patung ini menyuap satu juta lebih like dan tiga puluh enam ribu lebih komentar, video trending ini sudah dibagi lebih dari tiga puluh satu ribu kali oleh warganet.

Pantauan kontributor suaraindonesia.co.id di lapangan sampai sekarang ini masih ada masyarakat yang meluangkan diri untuk tiba ke alun-alun Purworejo untuk sekedar berswafoto dengan patung trending ini, masyarakat akui ingin tahu dengan kemunculan patung yang sudah trending di jagad media sosial ini.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Purworejo
Stephanus aan
menerangkan, jika Purworejo mendatangkan figur permainan anak-anak berbentuk superman bawa layang layang.selanjutnya ada spiderman momong bayi dengan selendangnya.

"Alun-alun itu public ruang, silahkan kita menjadikan alun-alun sebagi ruangan keluarga , orangtua bermain dengan anaknya," terang Aan.

Diutarakanya, selanjutnya patung paling akhir ada batman yang bermain ketipung . Maka janganlah lupa apa saja budaya di luar kita punyai budaya sendiri, budaya lokal, ketipung mempresentasikan dangdut dari indonesia.

"Pokoknya dengan tematik superherho mengusung lokal wisdom maksudnya supaya alun-alun makin ramai tetapi pembelajaran kearifan lokal selalu terlindungi.patung itu menjadi tempat berswafoto bahkan juga terkejut saat ini trending di sosial media," bebernya.

Aan menambah, patung-patung ini dibikin selainnya sebagai penyegaran tematik alun-alun purworejo, mempunyai pesan tertentu, tiap patung mempunyai pesan yang terkait dengan kearifan lokal baik secara wilayah di purworejo, atau secara nasional di Indonesia.

"Lewat patung-patung ini, Pemkab Purworejo mengharap alun-alun Purworejo dapat dijadikan lokasi yang semakin ramai namun tetap memberi pembelajaran ke warga Purworejo, gagasannya, tematik alun-alun Purworejo terus akan di up-date tiap tahunnya supaya memberi situasi baru, intinya pada periode berlibur," paparnya.

Dalam pada itu, Awal salah satunya pengunjung alun-alun Purworejo menerangkan, memang ini lumayan bagus, khususnya untuk pendatang. Kaya tempo hari lebaran pada tiba kesini photo foto perlu bagus. Ada sesuatu hal yang baru. Kan awalnya tidak ada.

"Karena saya saksikan dari instagram dan tiktok, semua pada unggah getho. Photo dengan patung patung ini selalu tertarik. Saya dengan rekan saya jauh dari Bruno dengan tempuh waktu 1/2 jam, ingin tahu cuma ingin dapat photo dengan patung figur superhero,yang berada di alun-alun purworejo," bebernya.

Dianya menjelaskan, trendingnya sudah dari tempo hari tetapi baru sempat hadir kesini baru sekarang ini.

"Ya jika responnya lumayan bagus untuk anak anak dan remaja bahkan juga orangtua ada media tempat berswafoto yang kece," ucapnya.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya