SUARA INDONESIA

Jadi Wadah Kreasi Seniman, J-KLAB Siap Diresmikan

Wildan Mukhlishah Sy - 28 May 2022 | 20:05
Pemerintahan Jadi Wadah Kreasi Seniman, J-KLAB Siap Diresmikan
JEMBER- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, akan segera meresmikan Gedung Jember Kreatif Lab (J-KLAB), yang direncanakan untuk menjadi wadah kreasi para seniman di Kabupaten Jember.

Peresmian tersebut akan masuk dalam rentetan agenda kesenian bertajuk J-ART FEST, yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jember.

Kabid Kebudayaan Disparbud Jember Eko Fibriyanto, menyampaikan keberadaan J-KLAB akan menjadi sarana bagi para pelaku senin, untuk melakukan pertunjukan atau pameran.

Dirinya menambahkan, dalam agenda yang digelar mulai Selasa (31/5/2022) sampai Senin (6/6/2022) tersebut, sejumlah kesenian baik tradisional, maupun modern turut dihadirkan.

"Mulai dari pameran seni rupa, komik, pertunjukan seni tari, wayang hingga diskusi akan ada di J-ARTFEST nanti," ungkapnya ditengah-tengah persiapan gedung J-KLAB, Sabtu (28/5/2022).

Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga akan diisi dengan diskusi dan kajian kuratorial untuk membentuk atmosfer awal kebangkitan industri kreatif di Jember.

Salah seorang penyair Bagus Barlean Aji mengaku, dirinya sangat bahagia menyambut hadirnya gedung kesenian di Kabupaten Jember.

"Ini bentuk penghargaan dari Bupati untuk para Seniman," ungkapnya.

Sementara itu, Anggota Komite Sastra TC DKKJ Periode 2021-2022 Dwi Pranoto mengatakan, J-KLAB mampu menghadirkan warna baru bagi kesenian di Kabupaten Jember.

Menurutnya konsep yang dihadirkan, sangat sesuai dengan apa yang diinginkan oleh para Seniman di Jember, yang selama ini merasa tidak memiliki tempat untuk berkreasi.

Dirinya beraharap agar J-ARTFEST akan menjadi agenda tahunan Pemkab Jember, yang mampu mempertemukan banyak seniman, sehingga menjadi lebih produktif.

"Ini menjadi langkah awal agar kesenian dan pelaku seni, semakin sejahtera," tandasnya.

Perlu diketahui, J-KLAB sendiri merupakan wujud dari alih fungsi gedung yang berada di Jalan PB Sudirman 38 Patrang, yang sebelumnya menjadi kantor Dinas Sosial.

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya