SUARA INDONESIA

Ciptakan Lingkungan Aman dan Nyaman, DPU CKPP Banyuwangi Terbitkan Site Plan

Muhammad Nurul Yaqin - 07 June 2022 | 09:06 - Dibaca 1.33k kali
Pemerintahan Ciptakan Lingkungan Aman dan Nyaman, DPU CKPP Banyuwangi Terbitkan Site Plan
Plt Kadis PU CKPP Banyuwangi Danang Hartanto. (Dok suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI- Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman (DPU CKPP) Banyuwangi, menerbitkan rekomendasi rencana tapak "Site Plan", untuk menata dan menertibkan perumahan agar tercipta lingkungan aman, nyaman dan berimbang.

Plt Kadis PU CKPP Banyuwangi Danang Hartanto, melalui Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman Edi Purnomo mengatakan, site plan salah satu hal penting yang wajib dibuat sebelum seorang memutuskan untuk membangun rumah atau bangunan lainnya. Bentuk site plan berupa gambar dua dimensi. 

"Biasanya gambar site plan dipakai oleh pengembang properti sebelum pembangunan dimulai. Bagi pembeli, site plan juga sangat berguna karena bisa melihat perencanaan yang akan dilakukan pengembang sehingga merasa yakin," kata Edi, Selasa (7/6/2022).

Dia menjelaskan, site plan bisa dikategorikan sebagai peta, namun lebih pada penggunaannya sebagai perencanaan pembangunan. Site plan merupakan gambar dua dimensi yang memberikan rencana detail pembangunan dengan semua unsur penunjang di dalamnya, dalam skala batas-batas luas lahan tertentu.

Site plan adalah gambar berbentuk skala yang disiapkan untuk menggambarkan denah tanah dan rencana penggunaannya seperti perencanaan area yang akan dijadikan bangunan, area parkir, jalan, utilitas air, listrik, penerangan, kontur, drainase, dan sebagainya.

"Sehingga tercipta lingkungan hunian berimbang seperti yang diamanatkan dalam UU No.1 Tahun 2011 tentang perumahan dan Kawasan Permukiman serta PP 12 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman," tuturnya.

Masih kata Edi, gambar site plan juga harus menunjukkan bangunan baru atau rencana penambahan di masa depan lengkap dengan garis kontur tanahnya. Dua elemen paling penting pada site plan adalah kavling tapak dan elemen pendukungnya. Tapak digunakan pihak pengembang untuk mempromosikan area yang dipasarkannya.

"Sementara elemen pendukung site plan merujuk pada aspek ekosistem maupun faktor utilitas wajib yang menjadi kebutuhan utama bagi para penghuni rumah di masa depan, sehingga mereka merasa aman dan nyaman," ungkapnya.

Edi menambahkan, selain bermanfaat sebagai perencanaan pembangunan bagi pihak pengembang, site plan juga berguna bagi calon pembeli. Mereka bisa memperoleh gambaran detail atas bangunan yang akan dibeli tanpa harus mendengar penjelasan panjang dari pihak pengembang.

"Melalui site plan pula calon pembeli dapat mengenali lokasi pilihan dengan lebih akurat sesuai seleranya. Dengan begitu, calon pembeli juga bisa memilih lokasi yang paling tepat dengan mempertimbangkan fasilitas dan akses terdekat dari lokasi yang dituju," tutup Edi. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024