SUARA INDONESIA

Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Bupati Blitar Fokus Pengembangan Produk UMKM

Ari - 09 June 2022 | 14:06
Pemerintahan Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Bupati Blitar Fokus Pengembangan Produk UMKM

BLITAR - Bupati Blitar Rini Syarifah akan memfokuskan pengembangan produk UMKM di wilayah setempat. Hal ini disampaikan setelah dialog bersama warga Desa Mangunan Kecamatan Udanawu di program One Village One Produk, Kamis (09/06). 

"Setelah saya berkunjung ke wilayah Kecamatan Udanawu yakni Desa Temanggungan dan Mangunan ternyata disini memiliki potensi ekonomi yang luar biasa dan harus kita kawal supaya semakin produktif," kata Bupati Rini. 

Menurut Mak Rini sapaan akrab Bupati Blitar, sebagian besar warga mulai jeli dalam menangkap peluang di lingkungan sekitar. Sehingga semangat ini perlu diimbangi dengan dorongan dari Pemerintah Daerah agar mereka terus eksis mengungkit roda perekonomian. 

"Hasil pengamatan di lapangan, Desa Temenggungan mempunyai usaha pembuatan senapan angin khusus untuk menangkap ikan dan Desa Mangunan ada wisata edukasi serta kuliner di Kali Jaran. Keduanya sama - sama bagus jadi harus dibantu," terangnya. 

Mak Rini mengakui, memang selama pandemi datang banyak sektor yang lumpuh bahkan gulung tikar karena aktivitas warga dibatasi. Namun, saat ini sudah dilonggarkan sehingga regulasi ini menjadi titik terang dan awal kebangkitan semua sektor. 

"Jadi mulai hari ini semua OPD yang terlibat dalam program OVOP harus fokus terhadap pontensi di setiap wilayah. Lantaran itu semua menjadi kunci utama dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Blitar," imbuhnya. 

Terakhir, Mak Rini juga optimis jika seluruh lapisan terlibat dalam wacana ini maka perputaran roda ekonomi bawah bangkit dan visi misi mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera bersama segera terwujud. 

Perlu diketahui, dikesempatan yang sama, Bupati Rini didampingi dengan sejumlah OPD memberikan surat izin usaha dan dilanjutkan menyalurkan bantuan berupa paket sembako kepada masyarakat. 

Pewarta : Ari
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya