SUARA INDONESIA

Kreatif! Warga Cilacap Olah Bambu Menjadi Produk Kerajinan Tangan Bernilai Ekonomis

Agus Sulistya - 21 June 2022 | 19:06
Pemerintahan Kreatif! Warga Cilacap Olah Bambu Menjadi Produk Kerajinan Tangan Bernilai Ekonomis

CILACAP - Pasca menderita lumpuh permanen akibat kecelakaan, membuat Tarso (61) warga Dusun Gunung Geulis, Desa Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah tak mampu lagi bekerja. 

Kendati demikian, hal itu tak menyurutkan semangatnya untuk tetap bertahan hidup dan berusaha berkarya untuk menghidupi keluarganya. 

Hal itu dibuktikannya dengan membuat produk kerajinan tangan dari bambu yang diolah menjadi produk kerajinan tangan menarik berupa perabotan dapur rumah tangga seperti tempat nasi, tempat sendok, lampu hias, tampah, besek dan lainnya. 

Selain mengisi waktu luang, hal tersebut ia manfaatkan juga untuk penghasilan dengan menjual produknya tersebut, sehingga hasilnya dapat untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari beserta keluarga. 

"Awalnya saya bingung tidak bisa lagi bekerja karena lumpuh akibat kecelakaan. Kemudian saya berinisiatif membuat produk kerajinan tangan di rumah untuk saya jual buat penghasilan sehari-hari," ungkap Tarso kepada wartawan, Selasa (21/6/2022). 

Namun rupanya, produk kerajinan tangan hasil olahannya tersebut memiliki nilai jual ekonomis dan terbukti menghasilkan. Karena selain menarik, juga dinilai bermanfaat untuk di rumah.

"Saya mulai merintis usaha ini sejak tahun 1999 sampai sekarang. Lumayan buat penghasilan sehari-hari. Untuk pemasaran, saya tidak jual keluar, namun di rumah dan saya nunggu orang datang ke rumah untuk beli," jelasnya. 

Alhasil, berkat usahanya tersebut, kini ia memiliki penghasilan cukup sehingga mampu menghidupi diri dan keluarganya tanpa mengandalkan belas kasihan dari orang lain.

"Alhamdulillah saya bisa menafkahi istri dan menyekolahkan anak saya dari hasil usaha saya sendiri," ujar Tarso. 

Lebih lanjut, berkaitan dengan harga, kata dia bervariasi, tergantung dari tingkat kesulitan proses pembuatannya serta ukuran dan jenis produknya. (Satria Galih Saputra)

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya