SUARA INDONESIA

Kuatkan Nilai Ideologi Pancasila, BPIP Gelar Pembinaan Terhadap Jejaring Panca Mandala

Ambang Hari Laksono - 26 July 2022 | 08:07
Pemerintahan Kuatkan Nilai Ideologi Pancasila, BPIP Gelar Pembinaan Terhadap Jejaring Panca Mandala

SURABAYA — Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersinergi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Timur menggelar kegiatan Pembinaan Penguatan Nilai-nilai Ideologi Pancasila yang melibatkan sejumlah unsur Jaringan Panca Mandala dari 38 Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Timur.

Kegiatan yang berlangsung di Grand Dafam Signature Hotel, Jl. Kayoon, Surabaya selama 4 hari mulai Senin (25/07/2022) - Kamis (28/07/2022) itu bertujuan untuk membentuk dan menguatkan nilai-nilai ideologi pancasila.

Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan, Ir. Prakoso, MM., yang juga hadir via zoom meeting menjelaskan jika Jaringan Panca Mandala terdiri dari 5 unsur meliputi, pemerintah, masyarakat, akademisi, pengusaha dan media/pers.

“Ada 5 unsur dalam Jaringan Panca Mandala ini, kelima unsur itu membentuk lingkaran yang saling terhubung dan berkaitan, tujuannya adalah untuk memberikan pandangan serta menerapkan nilai-nilai ideologi pancasila baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun diri sendiri,” ujarnya saat memberikan sambutan, Senin (25/07/2022).

Prakoso juga menuturkan jika nantinya kelima unsur yang mewakili masing-masing Kabupaten/Kota ini ditugaskan untuk menjadi mitra BPIP dalam upaya penguatan nilai-nilai ideologi pancasila di masing-masing kabupaten/kota asalnya.

“Panca artinya lima, Mandala artinya kekuatan. Jadi nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi pancasila ini harus diperkokoh dengan penerapannya apalagi sampai ke tingkat regional,” paparnya.

Dirinya menambahkan “Yang membedakan Indonesia dengan negara lain ialah setiap orang di Indonesia ada Pancasila, ada Toleransi, ada Kemanusiaan, ada Persatuan dan ada Kerakyatan dan Keadilan Sosial,” imbuhnya.

Prakoso yang sekaligus membuka kegiatan tersebut berujar jika nantinya unsur-unsur dari JPM daerah yang mewakili untuk hadir dalam kegiatan Pembinaan tersebut diharapkan bisa menyampaikan dan memberikan pemahaman yang telah didapat terhadap seluruh masyarakat di wilayahnya masing-masing.

“Diharapkan, Jaringan Panca Mandala ini nantinya bisa memperkuat nilai-nilai ideologi pancasila di wilayahnya, selain itu kita juga harus terus mendukung kegiatan Pembinaan ideologi Pancasila,” pungkasnya. [amb/ron]

Pewarta : Ambang Hari Laksono
Editor : Ambang Hari Laksono

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya