SUARA INDONESIA

Cegah Pungutan Liar, Bupati Blitar Launching Pembayaran Pajak Pasar Melalui E-Retribusi

Ari - 09 August 2022 | 09:08
Pemerintahan Cegah Pungutan Liar, Bupati Blitar Launching Pembayaran Pajak Pasar Melalui E-Retribusi

BLITAR - Pemerintah Kabupaten Blitar berupaya untuk meningkatkan pembayaran yang transparan di semua sektor. Kali ini, Bupati Blitar Rini Syarifah melaunching Program E-Retribusi di Pasar Kanigoro, Selasa (09/08/22).

Peluncuran E-Retribusi pasar ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang bertujuan memberikan rasa nyaman kepada pedagang pasar dalam hal pembayaran retribusi.

"E-Retribusi adalah ide dari kami dan kolaborasi dengan Bank Jatim. Ini sangat bermanfaat bagi pedagang pasar dan mengindari hal-hal yang kurang bagus seperti menerima uang palsu," kata Bupati Rini. 

Menurutnya, dengan menggunakan E-Retribusi ini segala pembayaran yang ada di pasar bisa dipertanggungjawabkan secara akurat dan terlacak detail. Sehingga, jalan menuju ke pungutan liar sudah dipersempit. 

"Saya harap pedagang pasar di Kanigoro dengan adanya program ini bisa berkontribusi dan bisa menjadi pedagang yang tidak Gaptek tetapi inovatif lantaran banyak manfaatnya," terangnya. 

Launching E-Retribusi di Pasar Kanigoro, lanjut Bupati Rini, akan dijadikan sebagai pilot projek dan segera diterapkan ke semua pasar tradisional Kabupaten Blitar. Karena program ini sangat bagus sekaligus membentuk tatanan yang efisien, transparan dan akuntabel. 

"Jadi secara teknis, setiap pedagang pasar nanti memiliki kartu E-Retribusi sesuai dengan biodata. Kemudian saat pembayaran retribusi pasar, petugas datang melakukan scan barcode ke kartu pemilik," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Disperindag Kabupaten Blitar, Eka Purwanta menambahkan, berdasarkan data, pasar tradisional di wilayah setempat berkisar 13 tempat. Secara bertahap, program ini akan dikenalkan dan diberlakukan ke semua pasar. 

Pewarta : Ari
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV