SUARA INDONESIA

Jaga Ketahanan Pangan, Bupati Blitar Panen Raya Padi di Desa Bendosewu

Arik Hadi Susanto - 06 September 2022 | 13:09
Pemerintahan Jaga Ketahanan Pangan, Bupati Blitar Panen Raya Padi di Desa Bendosewu


BLITAR - Dalam upaya menjaga ketahanan pangan, Bupati Blitar Rini Syarifah melakukan panen raya padi jenis brang biji di Desa Bendosewu Kecamatan Talun milik penggiat Biosaka.

Pada kesempatan itu, Bupati didampingi sejumlah tamu undangan termasuk Kepala OPD dan warga. 

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Blitar, panen raya padi kali ini sungguh luar biasa karena selama proses dari nol hingga panen memakai elisitor biosaka.

Konsep ini sangat bagus, ramah lingkungan dan hasilnya pun lebih melimpah ketimbang memakai pupuk kimia.

Biosaka adalah salah satu sistem teknologi terbarukan dalam perkembangan dunia pertanian organik modern yang terbentuk sebagai bio-technology (bioteknologi).

Sehingga, biosaka ini dapat membantu sel - sel tumbuhan yang rusak dan diperbarui guna meningkatkan produksi sektor pertanian.

"Panen raya padi yang menggunakan elisitor biosaka ini harus diketahui oleh seluruh para petani. Lantaran, tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal namun hasil panennya luar biasa," katanya.

Mak Rini sapaan akrabnya, juga mengajak seluruh petani di wilayah setempat untuk merubah perilaku penggunaan pupuk an organik diganti dengan penerapan elisitor biosaka. Jika hal ini terwujud, pasti sektor pertanian di Kabupaten Blitar semakin maju dan berdaya saing.

"Saya juga mengajak seluruh masyarakat jangan malu untuk berkecimpung di lahan pertanian, justru ini adalah peluang bagi panjenengan guna membuktikan bahwa kita semua bisa melakukan swasembada pangan," tuturnya.

Terakhir, Bupati Rini berharap, penggunaan elisitor biosaka terus di kampanyekan di sektor pertanian agar ketahan pangan di Kabupaten Blitar tetap terjaga sampai kapanpun.

Ia juga meminta pegiat biosaka tak kenal lelah dalam memberikan pembelajaran pembuatan biosaka kepada petani. 

Pewarta : Arik Hadi Susanto
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV