SUARA INDONESIA

Buka Rakorda, Bupati Blitar Ajak Warga Sukseskan Pendataan Awal Regsosek

Ari - 20 September 2022 | 13:09
Pemerintahan Buka Rakorda, Bupati Blitar Ajak Warga Sukseskan Pendataan Awal Regsosek

BLITAR - Bupati Blitar Rini Syarifah membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) di Kampung Cokelat Kademangan, Selasa (20/09/22). 

Regsosek adalah sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat kelurahan/desa.

Bupati Rini menyebut, kegiatan ini bertujuan guna mendukung program Satu Data Indonesia yang digunakan untuk berbagai kepentingan satu diantaranya mengenai penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat. 

"Penyaluran bantuan ini sangat penting dan harus sesuai dengan fakta di lapangan jangan sampai tidak karena bisa menjadi masalah baru. Semoga kehadiran Regsosek di Kabupaten Blitar membawa harapan baru bagi masyarakat terkait data yang terintegrasi," katanya. 

Maka demikian, Mak Rini sapaan akrab Bupati Blitar mengajak seluruh lintas sektor ikut mendukung dan membantu petugas dalam melaksanakan pendataan yang akurat di seluruh wilayah setempat. 

"Saya berharap, kita semua terus membangun sinergitas dan kolaborasi untuk membangun Kabupaten Blitar agar mandiri dan sejahtera berlandaskan akhlak mulia baldatun toyyibatun warobun ghofur," terangnya. 

Selain itu, Bupati juga menekankan kepada Camat dan Kepala Desa/Kelurahan se Kabupaten Blitar segera kampanye pendataan awal Regsosek tahun 2022 di wilayah masing-masing sampai tingkat RT/RW. Pastikan bahwa tidak ada satupun warga yang terlewatkan didata petugas. 

Sebagai informasi, Regsosek sebagai pilar utama reformasi sistem perlindungan sosial dan mendukung komponen reformasi lainnya. Beberapa diantaranya adalah perlindungan sosial adaptif, integrasi berbagai program perlindungan sosial, dan digitalisasi penyaluran bantuan sosial. 

Pewarta : Ari
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV