SUARA INDONESIA

Gali Potensi Siswa, Disdikbud Keerom Gelar GSMS

Mustakim Ali - 21 September 2022 | 20:09
Pemerintahan Gali Potensi Siswa, Disdikbud Keerom Gelar GSMS

KEEROM - Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memprogramkan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) Tahun 2022 yang sudah berlangsung dengan sasaran Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Program ini juga menyentuh 10 sekolah tingkat SD dan SLTP yang berada di wilayah Kabupaten Keerom, Provinsi Papua melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Keerom, diantaranya SD Inpres Kriku, SDN Pitewi, SDN Molof, SD Inpres Warbo, SD Inpres 2 Sanggaria, SDN Ubiyau, SD Arso X, dll.

Bupati Keerom, Piter Gusbager, yang diwakili Asisten II Setda Keerom, Edi Buntan, membuka pementasan GSMS tersebut yang ditandai dengan pemukulan tifa, didampingi Kadinas Pendidikan Keerom, Stenly Moningka, Kepala Kampung Sanggaria, Puji W, dan tamu undangan lainnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Kampung Sanggaria Arso I, Rabu (21/09/2022).

Sambutan bupati yang dibacakan Asisten II mengemukakan bahwa Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak pulau dan seni-budaya yang beragam, maka perlu forum untuk memfasilitasinya, salah satunya melalui kegiatan GSMS yang digagas pemerintah tersebut.

"GSMS diharapkan mampu menginspirasi, memenuhi pendidikan anak seutuhnya untuk membangun iklim sekolah yang menyenangkan, mengasyikkan, menguatkan dan mencerdaskan. Kegiatan GSMS juga diharapkan dapat menciptakan warga sekolah yang dapat mengapresiasi seni budaya," ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kadinas Pendidikan Keerom, Stenly Moningka, menyampaikan bahwa berhasilnya pementasan GSMS ditengah beragam keterbatasan membuktikan bahwa ada orang hebat dibalik kegiatan tersebut.

"Semua tahapan ini berjalan baik atas dukungan seniman, panitia, sekolah, peserta didik dan pihak lain yang mendukung GSMS ini, atas hal ini, kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya," ucapnya.

Kemudian, Ketua Panitia GSMS mengemukakan kegiatan GSMS merupakan kegiatan yang dapat membantu keterbatasan sekolah dalam tersedianya guru seni budaya tingkat SD, SMP dan SMK.

Adapun tujuan dani program ini adalah menemukan minat dan bakat bidang seni budaya bagi generasi muda sejak dini, menjalin kerjasama sekolah dan seniman, menumbuhkan budaya sekolah yang sehat, membentuk karakter dan membangun sikap kreatif dan inovatif peserta didik.

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Mustaqim Ali

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV