SUARA INDONESIA

Bupati Situbondo Raih Penghargaan KDI, Begini Kata Kadis Bakesbangpol

Syamsuri - 24 September 2022 | 18:09 - Dibaca 2.63k kali
Pemerintahan Bupati Situbondo Raih Penghargaan KDI, Begini Kata Kadis Bakesbangpol
Bupati Situbondo saat menerima penghargaan (Foto Istimewa)

SITUBONDO- Karna Suswandi, Bupati Situbondo meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 untuk kategori pelayanan publik.

Prestasi Bupati itu mendapat apresiasi dari Sopan Efendi Kepala Dinas (Kadis) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Situbondo.

Kata Efendi, Inovasi yang dilakukan Bupati Situbondo H. Karna Suswandi dianggap mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan mutu pelayanan publik di Kabupaten Situbondo.

Kata Sopan, Prinsip dari berbagai inovasi yang dilahirkan oleh (Pemkab) Situbondo memiliki konsep kerja "PAKEM" (Pelayanan Aktif, Kreatif, Efektif, Efisien dan Memuaskan).

Lebih lanjut, Sopan mengatakan, melalui Situbondo Smart Society layanan publik dapat diakses secara online dan memudahkan bagi masyarakat. Program-program tersebut adalah SEHATI (Situbondo Sehat Gratis).

Ini merupakan salah satu program Bupati Situbondo, H. Karna Suswandi yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis berbasis KTP elektronik bagi masyarakat miskin Situbondo.

Selanjutnya menurut Sopan, ada Plasa Situbondo (Sistem Pelayanan Masyarakat Desa/Kelurahan Situbondo).

" Ini merupakan cikal bakal aplikasi SIPESAT (Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Terpadu) yang dapat digunakan oleh pihak kecamatan dan desa dalam melaksanakan pelayanan administrasi masyarakat, "sebutnya.

Inovasi selanjutnya ada Sipesah (Sistem Informasi Pengendalian Sampah), lalu SIMPEL PUTER (Sistem Pelayanan Publik Terpadu), Pelanduk Cepat (Pelayanan Administrasi Kependudukan Cetak di Tempat), dan Sipinter (Sistem Informasi Perizinan Terpadu), dan lain sebagainya, lanjut Mantan Kadis Perikanan.

Saya, Atas nama Pimpinan Dan Staf Bakesbangpol mengucapkan selamat Kepada Bapak Bupati Situbondo atas penghargaan yang diraih, semoga prestasi ini dapat memberikan motivasi kepada kami dan seluruh Staf untuk menambah semangat baru menuju Situbondo Berjaya.

Bupati Karna mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan MNC Portal dan Koran Sindo. “Kita terus termotivasi ke depan untuk berprestasi di masa yang akan datang. Sekali lagi terima kasih,” ucapannya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo mengimplementasikan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik dan program Smart City di lingkungannya.

Berbagai produk inovasi yang telah dilakukan adalah untuk meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pungkas Karna Suswandi.

Penyerahan penghargaan KDI 2022 ini dilakukan di Sam Poo Kong, Semarang, Kamis (22/9/2022) lalu. Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution, serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia.

Dalam sambutannya, Agung Firman Sampurna menyampaikan apresiasi kepada kepala daerah yang telah berhasil meraih penghargaan KDI 2022.

“Penyelenggaraan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 adalah inovasi untuk akselerasi kemajuan daerah menyongsong era society 5.0. Ini adalah sebuah tema besar dan sebelum kita masuk ke tema ini, sedikit mengingatkan bahwa 22 tahun yang lalu ada sebuah tuntutan reformasi yang kemudian mengubah penyelenggaraan sistem pemerintahan kita khususnya kebijakan pusat dan daerah, yaitu desentralisasi,” katanya (Syam).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024