SUARA INDONESIA
Banner

Pengasuh Ponpes Zainul Hasan Genggong Probolinggo, KH. Mohammad Hasan Saiful Islam Wafat

PROBOLINGGO - Inna Lillahi Wa'inna Ilaihi Rojiun, keluarga besar pondok pesantren (Ponpes) dan Nahdlatul Ulama Wilayah Jawa Timur kembali berduka.

Hari ini, Sabtu (17/10/2020) siang, pengasuh Ponpes Zainul Hasan Genggong Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, KH. Mohammad Hasan Saiful Islam wafat.

Kiai kharismatik dengan ribuan santri di Probolinggo tersebut, wafat di kediamannya Ponpes Zainul Hasan Genggong sekitar pukul 12.30 WIB. 

Berdasarkan sumber dari Biro Komunikasi dan Informasi (Kominfo) ponpes setempat, Alm. KH. Moh. Hasan Saiful Islam sejauh ini dalam kondisi sehat. 

Bahkan, pada Sabtu (17/10/2020) sekitar pukul 01.15 WIB dinihari, beliau masih menyempatkan diri berziarah ke makam Mu'assis Ponpes setempat yang berada di area Masjid Al-Barokah Ponpes Zainul Hasan Genggong.

Sedangkan di pagi harinya, Kiai yang akrab dipanggil Nun Beng tersebut masih melakukan aktivitas biasa di lingkungan pesantren.

Secara khusus, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mengeluarkan maklumat (Instruksi-Red) kepada seluruh Cabang, MWC, Ranting, Banom dan Lembaga Nahdlatul Ulama di Jatim untuk melakukan Salat Ghaib dan Tahlil.

Maklumat tersebut ditandatangani Rais dan Katib Syuriah, Ketua Tanfidziyah dan Sekretaris PWNU Jatim.

Sebagian maklumat tersebut berbunyi "Berkenaan dengan itu, kami menginstruksikan kepada seluruh Pengurus Wilayah, Pengurus Cabang, MWC dan Ranting serta seluruh warga Nahdliyin untuk melaksanakan Sholat Ghaib dan Tahlil ditujukan untuk almarhum."

Informasi melalui dua putera almarhum, KH. Moh. Hasan Maulana dan KH. Ahsan Qomaruzzaman bahwa pemakaman almarhum KH. Moh. Hasan Saiful Islam, akan dilaksanakan pada pukul 19.00 WIB (Setelah Salat Isya) di area makam pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong.

Apa Reaksi Anda?