SUARA INDONESIA

Majelis Taklim Kaum Ibu, Pendidikan Informal Bagi Keluarga

Lutfi Hidayat - 27 October 2021 | 21:10 - Dibaca 1.82k kali
Pendidikan Majelis Taklim Kaum Ibu, Pendidikan Informal Bagi Keluarga
Jamaah Majelis Taklim Al-Istiqomah Desa Sumberkramat, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo mendengarkan arahan Kepala Kemenag Probolinggo

PROBOLINGGO - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo meresmikan Majelis Taklim Al-Istiqomah di Dusun Mendek Wetan Desa Sumberkramat, Kecamatan Tongas, Rabu (27/10/2021) sore.

Majelis taklim untuk kaum ibu yang berada di ujung barat daya Kecamatan Tongas itu merupakan binaan penyuluh agama islam KUA Tongas.

Kepala KUA Tongas, Wildan Mahbubul Haq mengatakan keberadaan Majelis Taklim Al-istiqomah sebagai bagian dari Pengembangan Pendidikan Agama Islam, sehingga juga terdapat lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Raudlatul Athfal (RA).

"Mejelis taklim merupakan bagian penting dari pengembangan pendidikan agama Islam yang juga perlu mendapat perhatian. Keberadaannya terbukti mampu menghadirkan kajian-kajian agama di tengah masyarakat," ungkapnya.

Sementara Kepala Kemenag Kabupaten Probolinggo, Akhmad Sruji Bahtiar menyebut pendidikan agama Islam melalui majelis tak boleh kalah saing.

"Meski kemasannya hanya sederhana sebatas pertemuan rutin tanpa kurikulum selayaknya pendidikan formal, namun urgensi dan substansi majelis taklim dalam memahamkan agama kepada masyarakat telah teruji," jelasnya

Keberadaan majelis taklim khususnya untuk kaum ibu dikatakan Bahtiar sebagai pendidikan informal kaum perempuan yang menjadi salah satu kunci penting pendidikan dalam keluarga.

"Karena sejatinya perempuan dan para ibu adalah madrasah pertama dan utama bagi anak-anak, sebelum mereka mengenal lingkungan yang lebih luas. Jika pendidikan utama ini berkualitas maka akan memicu perkembangan pendidikan anak berikutnya," tutup Bahtiar.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV