SUARA INDONESIA

Ramai Pembaca, Rumah Baca Raudhatul Ilmi Kekurangan Buku Bacaan

Robianto - 28 October 2021 | 15:10 - Dibaca 1.06k kali
Pendidikan Ramai Pembaca, Rumah Baca Raudhatul Ilmi Kekurangan Buku Bacaan
Ramai Pembaca, Rumah Baca Raudhatul Ilmi Kekurangan Buku Bacaan

MUKOMUKO- Berdiri sejak awal tahun 2020 lalu. Rumah Baca Raudhatul Ilmi di Desa Marga Mukti, Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko terus melakukan inovasi dan juga kegiatan, guna menumbuhkan minat baca anak-anak di sekitaran desa tersebut.

Beberapa terobosan dan kegiatan yang dilakukan oleh pengelola untuk menumbuhkan minat baca guna untuk menambah wawasan dan pengetahuan anak-anak sekitar, seperti kegiatan nonton bareng film edukasi anak yang digelar setiap satu bulan sekali, Rumah Baca "On The Spot", berkeliling menuju tempat-tempat keramaian seperti lokasi wisata 2 Minggu sekali.

"Terobosan dan kegiatan yang dilakukan tersebut, lain tidak bukan untuk memberikan akses kemudahan bagi masyarakat terutama anak-anak. Diharapkan apa yang kita lakukan ini bisa memberi dampak positif terhadap perkembangan wawasan anak disekitar desa kami dan untuk memcerdaskan anak bangsa pada umumnya, tentu minat caca anak ini juga harus didukung oleh fasilitas dan ketersedian buku bacaan. Alhamdulillah saat ini minat baca anak-anak mulai meningkat, namun tidak sedikit dari anak-anak yang mengeluhkan buku bacaan yang tidak di lengkap," ungkap Arifin.

Arifin sendiri menyadari bahwa keterbatasan personalia dan finansial dari rumah baca, membuat sulit pengurus rumah baca dalam melengkapi buku bacaan terkhusus untuk anak-anak.

"Kita masih banyak kekurangan, apalagi dalam ketersediaan buku bacaan kita masih terbatas, saat ini kita masih terkendala pada personalia dan finansial," Ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) Provinsi Bengkulu tahun 2019 itu. Selaku pengurus ia berharapkan ada uluran tangan dan bantuan baik dari instansi pemerintah, swasta maupun pribadi untuk bersama-sama membantu meningkatkan ketersedian dan kelenkapan buku bacaan anak-anak di rumah baca Raudhatul Ilmi.

"Kami terus berupaya untuk mengedukasi masyarakat, baik melalui instansi pemerintah maupun swasta untuk ikut serta bergotong royong demi memajukan kwalitas dan Kwantitas bacaan anak-anak. Saat ini kami (Pengurus rumah baca Raudhatul Ilmi) sedang mengupayakan pengajuan penmbahan buku ke berbagai instansi pemerintah, seperti di Perpustakaan Daerah Mukomuko. Selain itu kami juga mengadakan open donasi dengan menjual kaos sepesial rumah baca Raudhatul Ilmi, dengan harga Rp.130.000,- nantinya hasil dari penjualan kaos seluruhnya akan di gunakan untuk menambah buku bacaan dan kegiatan rumah baca Raudhatul Ilmi," jelas Arifin.

Ditambahkan Arifin, untuk pemesanan kaos juga berlaku diluar desanya dan Kecamatannya, bisa melalui WhatsApp Arifin Soeparman 082376258825 dan Pembayaran melalui transfer rekening BANK BRI An. Ahmad Arifin No.Rek : 110101019896508.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Robianto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV