SUARA INDONESIA

MTQ Jatim, Pimpinan Kafilah Jember: Persiapan Itu Sangat Penting

Wilda Natasya - 10 November 2021 | 14:11
Pendidikan MTQ Jatim, Pimpinan Kafilah Jember: Persiapan Itu Sangat Penting

JEMBER- Kabupaten Jember turut berpartisipasi dalam Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Jawa Timur XXIX, yang diadakan di Kabupaten Pamekasan.

Pada kesempatan kali ini Jember mengirim 48 peserta yang mengisi 7 cabang lomba berbeda.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Bina Mental Spiritual Bag. Kesra Jember Iwan Sutikno menjelaskan, salah satu faktor Jember masuk dalam peringkat ke 27 dalam MTQ Provinsi Jatim adalah persiapan yang dinilai kurang matang.

"Persiapan itu merupakan hal yang sangat penting dalam mengikuti ajang apapun. Intinya adalah siap," jelasnya, saat diwawancarai di penginapan Kafilah Jember, Rabu (10/11/2021).

Menurutnya, waktu yang singkat dan ketatnya penerapan protokol kesehatan di Kabupaten Jember, membuat sejumlah peserta yang ingin mengikuti seleksi terpaksa mengurungkan niatnya.

"Awalnya peserta yang akan ikut seleksi kabupaten itu ada sekitar 700 orang, tapi karena ada yang reaktif dan berbagai alasan lain maka hanya menjadi 300 orang saja. Kita dari hanya punya waktu dua bulan untuk persiapannya," paparnya.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 menjadi salah satu alasan tertundanya pelaksanaan seleksi MTQ Kabupaten Jember, yang seharusnya dilaksanakan pada tahun 2020 menjadi pertengahan 2021.

"Harusnya seleksinya dilaksanakan tahun 2020, tapi karena pandemi ini jadi tertunda sampai pertengahan 2021," katanya.

Meski demikian, pria yang juga merupakan Pimpinan Kafilah Jember tersebut tidak merasa kehilangan semangat. Dirinya menargetkan pada ajang MTQ selanjutnya Jember harus kembali masuk dalam posisi seperti sebelumnya.

"Setidaknya kita bisa kembali di posisi sepuluh besar, seperti MTQ di Tuban kemarin," katanya.

Iwan melanjutkan, kedepan pihaknya akan mulai melakukan seleksi dan persiapan untuk MTQ Jatim XXX pada awal 2022. Sehingga dengan demikian peserta memiliki waktu yang cukup panjang untuk mengikuti pembinaan.

"Kita ingin setidaknya kembali ke posisi semula, bahkan ditingkatkan. Salah satunya seleksi untuk MTQ selanjutnya akan dilakukan di awal tahun depan. Jadi ada waktu setahun untuk peserta melakukan persiapan," tambahnya.

Pada event tingkat provinsi kali ini, Jember diketahui membawa pulang sejumlah prestasi diantaranya. Harapan 1 MSQ Putra, Harapan 2 Tilawah Dewasa Putri, Harapan 2 Murottal Remaja Putri, Harapan 3 Tafsir Bahasa Indonesia Putri, Harapan 3 Tilawah Canet Putra, Harapan 3 Kontemporer Putra dan Harapan 3 Kontemporer Putri.

"Kepada para peserta harus terus meningkatkan kemampuan yang dimiliki dan semoga yang kemarin berhalangan untuk ikut, tahun depan bisa berpartisipasi. Semangat selalu, wes wayahe Jember belajar lagi," tandasnya.

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV