SUARA INDONESIA

Ustaz Adi Hidayat: Perbanyak Pahala di Hari Jum'at Dengan Sunah-sunah Ini

Wilda Natasya - 12 November 2021 | 09:11
Pendidikan Ustaz Adi Hidayat: Perbanyak Pahala di Hari Jum'at Dengan Sunah-sunah Ini

JEMBER-Bagi umat Islam hari Jum'at merupakan hari yang paling istimewa di antara hari-hari lain, hal ini juga ditegaskan langsung oleh Rasulullah SAW dalam banyak hadis.

Begitu istimewanya hari tersebut ada sunah-sunah yang dikhususkan hanya untuk hari Jum'at terutama bagi mereka yang akan melaksanakan salat Jum'at. 

Dikutip dari buku Fiqih Islam karya Sulaiaman Rasjid, berikut sunah-sunah yang bersangkutan dengan hari Jum'at:

1. Mandi pada hari Jum'at sebelum berangkat ke mesjid untuk salat Jum'at.

Ustaz Adi Hidayat dalam kanal YouTube Jejak Wali menjelaskan dari hadis Rasulullah SAW, bahwa barang siapa yang mandi di hari jum'at dan ia mandi dengan sempurna seperti mandinya orang yang junub, kemudian ia berangkat ke mesjid lebih awal dan mengambil saf paling depan, lalu ia duduk dan dengan khidmat mendengarkan khutbah khatib, maka baginya pahala ibadah puasa dan salat malam selama satu tahun.

"Barang siapa yang membasuh kepala dan membasuh seluruh bedannya pada hari Jum'at, berangkat lebih dini sehingga mendapatkan awal khutbah Jum'at, berjalan kaki tidak naik kendaraan, duduk di dekat imam, memperhatikan khutbah dengan khusyu, maka ia mendapat pahala puasa dan Ibadah salat malam selama satu tahun dalam setiap langkah (menuju salat Jum'at), HR Abu Dawud, Ibnu Majah, Nisai' dan Tirmizi.

2. Berhias dan memakai pakaian terbaik, lebih diutamakan pakaian berwarna putih.

3. Memakai wewangian

"Barangsiapa mandi pada hari Jum'at, memakai pakaian yang sebaik-baiknya, memakai wewangian kalau ada, kemudian ia pergi mendatangi Jum'at, dan di sana ia tidak melangkahi duduk manusia, kemudian ia salat sunah serta diam ketika imam keluar sampai selesai salatnya, maka yang demikian itu akan menghapuskan dosanya antara Jum'at itu dan Jum'at yang sebelumnya," HR Ibnu Hibban dan Hakim

4. Memotong kuku, menggunting kumis dan menyisir rambut.

Sebagaimana yang juga dikerjakan oleh Rasulullah SAW.

"Rasulullah SAW memotong kuku dan menggunting kumis pada hari Jum'at sebelum beliau pergi salat," HR Baihaqi dan Tabrani.

5. Berangkat menuju mesjid dengan berjalan kaki.

6. Membaca Al-Qur'an atau berzikir sebelum khutbah, lebih diutamakan untuk membaca surah Al-Kahfi.

"Barang siapa membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum'at, cahaya dari dua Jum'at akan menyinarinya," HR Hakim

7. Memperbanyak do'a dan shalawat atas Nabi SAW baik pada siang maupun malam hari.

"Hendaklah kamu perbanyak membaca shalawat atasku pada malam dan hari Jum'at. Maka barang siapa yang membacakan satu salawat atasku, Allah akan memberinya sepuluh berkat," HR Bukhari

Ia juga menambahkan bahwa ada satu do'a yang dapat dibaca sebelum salat Jum'at, jika dilakukan dengan benar akan susah untuk tidak dikabulkan oleh Allah.

"Bahkan pasca salat Jum'at ada do'a khususnya, yang kalau anda berdo'a dengan benar akan sulit untuk di tolak oleh Allah SWT," tambahnya.

Berikut lafaz do'anya

اللهم اكفينا بحلا لك عن حرامك و اغنينا بفضلك عمن سواك و بطا عتك عن معسيتك

Allahumma ikfiinaa bihalaalika 'an haraamika wa aghniinaa bifadhlika 'amman siwaaka wa bithaa'atika 'an ma'siyatika

Artinya: Ya Allah cukupkanlah untuk kami apa-apa yang Engkau halalkan dari pada melakukan apa-apa yang Engkau haramkan, dan perkayalah kami dengan keutamaan-Mu dari siapa saja yang selain Engkau dan bimbinglah kami untuk selalu taat kepada-Mu dan jangan berikan saya kesempatan untuk taat kepada selainmu.

Itulah tadi hal-hal sunah yang dapat dikerjakan pada hari Jum'at, perbuatan sederhana, namun mengundang pahala dari Allah SWT.

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV