SUARA INDONESIA

Alih Fungsi SD Jadi Hotel, Wali Siswa di Purworejo Nyatakan Keberatan

Widiarto - 16 November 2021 | 16:11
Pendidikan Alih Fungsi SD Jadi Hotel, Wali Siswa di Purworejo Nyatakan Keberatan

PURWOREJO - Puluhan wali siswa di SD N Sebomenggalan Purworejo, Jawa Tengah, menyatakan keberatan dan menyayangkan atas rencana Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga untuk memindah alih fungsikan SDN Sebomenggalan menjadi hotel berbintang.

Keberatan itu, disampaikan wali siswa dalam gelar rapat sosialisasi yang digelar di salah satu ruang kelas SD N Sebomenggalan, pada Selasa (16/11/2021).

Wali siswa juga menyayangkan sikap dari pemerintah melalui dinas terkait tentang sosialisasi yang mepet dari pemerintah, dimana hanya diberi waktu 2 bulan sampai bulan Desember 2021 mendatang.

Bahkan, jadwal pemindahan para siswa dijadwalkan pada awal bulan yaitu pada tanggal 1-20 Desember. Dan rencananya SDN yang sudah Adiwiyata dan terakreditasi A tersebut akan dipindah di SD N Kepatihan dan SD N Ngupasan.

"Kalau pindah harus berdiri sendiri (tidak gabung), saya yang tidak setuju mengapa mengorbankan pendidikan untuk hotel yang belum jelas tujuannya," kata Doni, salahsatu orang tua siswa saat ditemui usai rapat.

Sementara itu, Kabid Pendidikan Sekolah Dasar, Sri Anteng, mengatakan, rapat sosialisasi itu dilaksanakan sebagai bentuk rencana pemkab untuk pemindahan SD N Sebomenggalan di SD N Kepatihan.

"Kepentingannya adalah akan adanya pembangunan hotel yang berada dilingkungan ini," katanya. Menurutnya, lokasi yang saat ini berdiri SDN Sebomenggalan hak kepemilikan tanah adalah milik Pemkab Purworejo, namun sekolah tersebut sudah berdiri lebih dari 40 tahun.

Rencananya tanah yang berada pada kawasan Ganesha Center tersebut sudah dikosongkan pada bulan Desember mendatang dan akan dilakukan proses pembangunan Hotel.

"Kami dapat surat dari pemerintah Sekda dan dari BPPKAD untuk menyampaikan sosialisasi tentang pemindahan SD Sebomenggalan ini," tambah Wiyonoroto selaku Sekretaris Dindikpora Kabupaten Purworejo.

Wiyono berharap proses pemindahan dan pengosongan bisa dilaksanakan pada bulan Desember sehingga tidak menghambat proses pembangunan hotel.

Pihaknya juga menyampaikan sosialisasi yang ia lakukan kali ini berdasarkan surat dari pemerintah bernomor 640/7969/2021 dimana mayoritas wali murid tidak bersedia pindah sebelum dibangunkan gedung baru untuk SDN Sebomenggalan.

"Karena waktunya itu makanya perlu kita koordinasi kan, namanya pembangunan (Gedung Baru sekolah) kan perlu mekanisme," katanya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV