SUARA INDONESIA

Dr Esa Wahyuni Bagikan 3 Tips Menjaga Kesehatan Mental Mahasiswa UIN Maliki Malang

Wilda Natasya - 17 November 2021 | 18:11
Pendidikan Dr Esa Wahyuni Bagikan 3 Tips Menjaga Kesehatan Mental Mahasiswa UIN Maliki Malang

MALANG- Dalam rangka mempersiapkan perkuliahan tatap muka, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang mengadakan webinar dengan tema “Membangun Kesiapan Mental Mahasiswa Menyongsong Perkuliahan Tatap Muka”, Selasa (16/11/2021). 

Salah seorang Narsumber dalam Webinar Dr Esa Nur Wahyuni membagikan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental dalam kondisi yang baik, bagi mahasiswa yang akan menghadapi perkuliahan offline.

Menurutnya, ketika seseorang sehat secara mental maka mereka dapat menyadari potensi yang dimilki, selain itu mampu mengatasi stres dan bekerja secara produktif. Sehingga dengan begitu akan memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat sekitar.

“Yang pertama adalah terhubung dengan orang lain. Manusia adalah makhluk sosial yang terhubung dan terkoneksi dengan orang lain. Itu menjadi kebutuhan yang tidak bisa diabaikan,” katanya.

Selanjutnya, menyadari kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh diri sendiri. Sementara untuk tips ke tiga adalah mahasiswa harus rutin melakukan olahraga.

Menurut Esa berdasarkan sejumlah penelitan menunjukkan orang yang sering melakukan kegiatan tersebut, 43,2 persen dapat menurunkan problem kesehatan mental daripada yang tidak.

“Ada kasus seorang yang usianya lanjut kena Covid-19 dan bisa sembuh, karena dari muda sudah sering berolahraga,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Laboratorium Bimbingan Konseling FITK UIN Malang Imro’atul Hayyu Erfantinni menjelaskan pihaknya menyediakan empat aspek pelayanan yang meliputi, pribadi, sosial, akademik dan karir.

Menurutnya, pihak laboratorium siap memberikan bibingan dan konseling tentang seluruh persoalan yang berkaitan dengan empat aspek tadi baik secara individu maupun kelompok, sesuai dengan alur pelayanan yang sudah dicantumkan.

“Kami siap melayani bagi mahasiswa yang membutuhkan bimbingan dan konseling. Jangan khawatir, data mahasiswa yang berkonsultasi akan dijaga kerahasiaannya,” pungkasnya.

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV