SUARA INDONESIA

Pembelajaran Pemilu Dimasa Pandemi, Pilketos di SMKN 7 Purworejo Digelar Secara Online

Widiarto - 03 December 2021 | 14:12
Pendidikan Pembelajaran Pemilu Dimasa Pandemi, Pilketos di SMKN 7 Purworejo Digelar Secara Online


PURWOREJO - Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan salah satu wadah berkegiatan peserta didik serupa lembaga eksekutif dalam sebuah negara.

Pemilihan ketua OSIS biasanya selalu dilakukan secara semarak, selayaknya pemilihan presiden atau kepala daerah, yang merupakan sebuah pesta
demokrasi yang selalu dinanti. 

Namun demikian, lantaran masih dilanda pandemi covid-19, Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) di SMK N 7 Purworejo, Jawa Tengah, dilakukan secara online tapi tetap semarak.

Kegiatan Pilketos dengan tema Jadilah Insan Yang Cermat Dengan Memilih Pemimpin Yang Tepat diselenggarakan di komplek SMK N 7 Purworejo, pada Jumat (3/12/2021).

"Semua siswa tetap diwajibkan menggunakan hak pilihnya untuk memilih pemimpin mereka namun dilakukan secara online," kata pembina OSIS SMK N 7 Purworejo, Ardi Setiyono, disela kegiatan Pilketos.

Dikatakan, meski masih pandemi, Pilketos tetap diselenggarakan, dengan tujuan untuk mendapatkan ketua OSIS yang baru sesuai pilihan seluruh siswa serta untuk pembelajaran tentang tata cara pemilihan yang demokratis, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

"Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi serta bapak Ibu Guru dan Karyawan/Karyawati SMK N 7 Purworejo dengan secara jadwal pembagian menjadi 6 sesi, dari pagi hingga siang hari," ujarnya.

Disebutkan, ada 3 Calon ketua OSIS SMK N 7 Purworejo untuk periode tahun 2021/2022 yang dipilih, ketiganya yaitu Vito Wahyu Prayoga dari kelas Xl TITL 2, Naufal Seprian Ardiansyah dari kelas Xl TITL 1 dan Alif Ashfa Muhammadi dari kelas Xl TITL 2.

Langkah-langkah yang ditempuh peserta didik untuk menggunakan hak pilihpun tidak rumit. Para siswa akan diberikan Link Google Form yang sudah dibagikan di
setiap grup kelas masing-masing. Para siswa akan memilih kandidat dengan mengakses https://forms.gle/DCtfxSd7VLz9LAc9A.

"Dan yang terpenting adalah bahwa pelaksanaan Pilketos kali ini berjalan dengan lancar dan tetap mengutamakan protokol kesehatan COVID-19," ujarnya.

Dirinya berharap, dengan diadakannya kegiatan Pilketos itu menjadi momentum bagi siswa sebagai ajang pembelajaran politik dan berdemokrasi secara sehat dan juga sebagai penegasan bahwa politik sebenarnya bukan hal yang tabu untuk dibahas dan dipraktikkan. Pilketos itu juga sebagai ajang regenerasi dan penyegaran kepemimpinan di OSIS di SMK N 7 Purworejo.

"Semoga kandidat yang terpilih adalah orang yang amanah dan berintegritas yang nantinya dapat memberikan terobosan-terobosan cemerlang untuk kebaikan SMK N 7 Purworejo dan Pilketos yang akan datang bisa dilaksanakan secara serentak dan lebih meriah dari tahun ini," harapnya.

Sementara itu, salah satu kandidat calon ketua OSIS SMK N 7 Purworejo, Alif Ashfa Muhammadi, mengaku senang bisa ikut terlibat dan mengikuti kegiatan Pilketos itu.

"Ini jadi pengalaman bagi saya untuk bisa mengetahui secara langsung praktek demokrasi. Dengan kegiatan ini kita tau juga bahwa berpolitik itu indah jika dilaksanakan secara baik dan sehat," katanya.

Dalam Pilketos itu, terpilih sebagai ketua OSIS baru SMK M 7 Purworejo periode 2021/2022 yaitu Naufal Seprian Ardiansyah dari kelas XI TITL 1.




 

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV