SUARA INDONESIA

Ustaz Johan Saputra Halim: Sesama Muslim Saling Bersaudara, Mari Saling Bantu

Wildan Mukhlishah Sy - 06 December 2021 | 19:12
Pendidikan Ustaz Johan Saputra Halim: Sesama Muslim Saling Bersaudara, Mari Saling Bantu

JEMBER-Erupsinya gunung Semeru di daerah Lumajang, Jawa Timur membawa duka mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Banyak rumah juga kendaraan yang tertimbun muntahan abu vulkaniknya, bahkan pristiwa tersebut juga merenggut korban jiwa.

Ustaz Johan Saputra dalam kanal YouTube Yufid.TV Pengajian & Ceramah Islam mengatakan bahwa sesungguhnya muslim itu bersaudara.

"Muslim itu saudara bagi muslim yang lain, artinya rasa sakit yang mereka rasakan, perasaan kita juga perasaan yang sama," Ujarnya.

Hal ini sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW, bahwa seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain, tidak diperbolehkan untuk saling menzalimi, dan saling menjaga dari orang-orang yang akan berbuat zalim.

"Seorang muslim itu saudara bagi muslim yang lainnya. Tidak boleh menzaliminya, tidak boleh pula menyerahkan kepada orang yang menzaliminya," HR Bukhari dan Muslim.

Selain itu, dalam hadis yang lain Nabi SAW juga menegaskan bahwa seorang mukimin dengan mukimin yang lain layaknya sebuah bangunan, oleh karenanya saling menguatkan antar satu dan yang lainnya.

"Seorang mukmin dengan mukmin lainnya seperti satu bangunan, sebagiannya menguatkan sebagian yang lain," HR Bukhari dan Muslim.

Dengan adanya musibah yang menimpa saudara-saudar muslim di Lumajang, maka sudah sepatutnya sebagai sesama muslim untuk memberi mereka bantuan, baik melalui donasi, menjadi relawan di tempat, maupun mendo'akan untuk keselamatan mereka setiap sehabis salat. 

Sesungguhnya membantu sesama tidak hanya meringankan beban yang mereka alami, tetapi juga menjamin diri sendiri atas pertolongan Allah di akhirat kelak.

"Barang siapa yang memperhatkan kebutuhan saudaranya, maka Allah akan memperhatikan kebutuhannya. Barang siapa yang melapangkan kesulitan seorang muslim, niscaya Allah akan melapangkan kesulitan-kesulitannya di hari kiamat," HR Ahamad dan Abu Dawud. (Ree/Wil)

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV