SUARA INDONESIA

Ustaz Sayfiq Riza Basalamah: Salatlah Sebagaimana Syara' Mengaturnya

Wildan Mukhlishah Sy - 23 December 2021 | 07:12
Pendidikan Ustaz Sayfiq Riza Basalamah: Salatlah Sebagaimana Syara' Mengaturnya

JEMBER-Salat adalah perkara wajib yang ada dalam rukun Islam. Dalam perkara salat ada syarat serta rukun yang harus dipenuhi agar ia sah dan diterima di sisi Allah SWT.

Ustaz Sayfiq Riza Basalamah dalam kanal YouTube Yufid.TV Pengajian & Ceramah mengatakan salat yang asal-asalan akan menyebabkan salat tersebut sia-sia dan tidak diterima di sisi Allah. 

Sebagaimana dalam hadis disebutkan bahwa ada sesorang laki-laki yang tidak pernah absen salatnya selama 60 tahun, akan tetapi tidak ada satupun dari salatnya yang diterima.Hal tersebut dikarenakan, ketidaksempurnaan rukun dalam salatnya.

"Dari Abu Hurairah RA, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya ada orang yang melaksanakan salat selama 60 tahun. Namun, Allah tidak menerima salatnya. Bisa jadi rukuknya sempurna, namun ia tidak menyempurnakan sujud, atau bisa jadi sujudnya sempurna, namun rukuknya tidak sempurna," dinilai Hasan oleh Albany.

Namun terkadang, ujar ustaz Syafiq, masih ada orang yang menganggap enteng prihal salat dan menacuhkan perkara salat yang benar berdasarkan hukum syara.

"Terkadang muncul manusia yang mengatakan, "Udahlah gak usah bicara salat yang benar, yang penting salat," paparnya.

Kemudia ia juga menambahkan bahwa orang-orang yang lalai akan salatnya dalam Al-Qur'an disebut dengan orang-orang yang merugi. 

"Celakalah orang yang salat. (Yaitu) orang-orang yang lalai dalam salatnya," QS Al-Maun 6-7. (Ree/Wil)

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV