SUARA INDONESIA

Ustaz Hanan Attaki: Kedudukan Akhlak Setara dengan Ahli Ibadah Maupun Puasa

Wildan Mukhlishah Sy - 24 December 2021 | 09:12
Pendidikan Ustaz Hanan Attaki: Kedudukan Akhlak Setara dengan Ahli Ibadah Maupun Puasa

JEMBER-Rasulullah SAW diutus oleh Allah SWT adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia sebagaimana yang telah beliau ungkapkan dalam sebuah hadis.

"Sesungguhnya aku (Rasulullah SAW) diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik," HR Ahmad.

Begitu istimewanya akhlak dalam hadis lain disebutkan bahwa sesungguhnya keutamaan akhlak dapat menyetarai kedudukan ahli ibadah serta puasa.

"Sesungguhnya orang mukmin bisa meraih derajat orang yang rajin berpuasa dan salat dengan sebab akhlaknya yang luhur," HR Ahmad dan Abu Dawud.

Ustaz Hanan Attaki dalam kanal YouTube Hanan Attaki menyampaikan orang yang berakhlak baik, mampu meraih kedudukan sejajar dengan orang-orang yang istiqamah salat malam serta orang-orang yang gemar berpuasa sunah di siang hari.

"Kedudukan orang yang akhlaknya baik adalah seperti orang yang ahli ibadah malam. Kedudukan orang yang ahli puasa disiang hari," ujarnya.

Dirinya menambahkan, jika seseorang mampu menyeimbangkan keduanya antara ibadah dan akhlak, maka tidak ada yang mampu menandingi dia.

Bahkan, ketika seseorang hanya mengandalkan akhlaknya, melakukan ibadah wajib saja tanpa ada ibadah-ibadah sunah lain, derajat atau kedudukannya sejajar dengan mereka yang telah beribadah maupin berpuasa puluhan tahun.

"Kalau dia ngandalin akhlak aja, ibadah-ibadah wajib doang, tapi nggak ada yang plus, nggak ada tahajud, duha, puasa sunah, tapi akhlaknya istimewa maka derajatny seeperti yang qawwam," tambahnya.

Karenanya ucap ustaz Hanan, perkara akhlak bukanlah suatu hal yang sederhana, karena mempraktikannya tentu butuh latihan bertahun-tahun, tak hanya dalam bentuk tindakan, namun juga dalam perasaan. (Ree/Wil)

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV