SUARA INDONESIA

Wujudkan Tri Dharma, UIN Radeka Surakarta Jalin Kerjasama dengan LPKA Kutoarjo

Widiarto - 11 January 2022 | 16:01
Pendidikan Wujudkan Tri Dharma, UIN Radeka Surakarta Jalin Kerjasama dengan LPKA Kutoarjo


PURWOREJO - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas 1 Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah, melakukan penandatangan perjanjian kerjasama (PKS) dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said (Radeka), Surakarta, pada Selasa (11/1/2022).

Kerja sama itu dilakukan dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Perjanjian kerja sama ini ditandatangani langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta, Dr. Islah dan Kepala LPKA Kutoarjo, Hari Winarca.

Kepala LKPA Kelas 1 Kutoarjo, Hari Winarca, mengungkapkan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dekan dan tim yang telah jauh-jauh menunjukkan niat baik peduli dengan Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) yang diwujudkan dalam perjanjian kerjasama itu.

“PKS nantinya diharapkan bukan hanya seremonial belaka namun juga ditindaklanjuti dengan pelaksanaan kegiatan di LPKA Kutoarjo. Kami terus membuka diri dan menyambut baik keterlibatan masyarakat, instansi, lembaga pemerintah maupun swasta termasuk perguruan tinggi untuk berkolaborasi bersama membina Andikpas agar kuantitas dan kualitas pembinaan kedepannya lebih baik lagi” katanya.

Kerja sama itu, lanjutnya, dinilai akan menguntungkan bagi LPKA dalam membantu  melakukan pembinaan terhadap Andikpas.

"Adanya program studi islam di UIN Raden Mas Said, merupakan angin segar bagi kami apalagi ada beberapa dosen yang telah menyandang gelar psikolog," ujarnya.

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta, Dr. Islah, menjelaskan, bahwa tugas perguruan tinggi tidak hanya bidang pengajaran, pendidikan semata namun lebih luas lagi yaitu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Ada 3 hal yang melatarbelakangi penandatanganan perjanjian kerjasama ini, yang pertama adalah bidang akademik dan penelitian, kedua membantu mengatasi problem yang ada di masyarakat dan yang ketiga tantangan program kampus merdeka belajar," jelasnya.

Program tersebut, lanjutnya, menuntut kerjasama tidak hanya sesama instansi sejenis, tetapi bisa lintas bidang dan instansi untuk saling bersinergi.

Pada sesi akhir pelaksanaan kegiatan, Dekan UIN Raden Mas Said berkesempatan menyerahkan cinderamata kepada Kepala LPKA Kutoarjo.
 

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV