SUARA INDONESIA
Banner

KPU Yalimo: Sesuai Aturan, KPU Akan Ambil Sikap Jika ada Putusan Tetap

JAYAPURA - Ternyata oknum Wakil Bupati berinisial ED yang terlibat lakalantas maut yang menyebabkan Seorang Polwan Meninggal Dunia merupakan peserta Pilkada serentak Tahun 2020 di Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo, Yehemia Walianggen saat dikonfirmasi Suara Indonesia melalui seluler di Jayapura, pada Rabu (16/09/2020) sore.

"Ia betul, saudara Ed yang merupakan Wabup itu terdaftar sebagai peserta Pilkada (Bakal Calon Bupati) melalui jalur Partai Politik tahun 2020 ini di Kabupaten Yalimo,"ujar Ketua KPU Yalimo Yehemia Walianggen.

Tapi menurut Ketua KPU Yalimo, Yehemia Walianggen, kejadian yang dialami oleh saudara ED tersebut diakuinya sama sekali tidak ada kaitannya dengan pihak penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU Yalimo.

"Kejadian ini sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan kami di KPU termasuk tahapan yang sedang berjalan saat ini, karena ini rananya Kepolisian,"tegas Ketua KPU Yalimo itu.

Ketika ditanya soal status yang bersangkutan dengan jalannya tahapn pilkada saat ini, Yehemia Walianggen mengakui pihaknya selaku penyelenggara Pemilu atau KPU tidak akan melangkahi proses yang dijalankan pihak terkait dalam hal ini Kepolisian yang menangani kasus tersebut.

"Jika persoalan ini berlanjut dan yang bersangkutan diberikan putusan hukum tetap pasti KPU akan ambil sikap sesuai dengan aturan yang berlaku, dalam hal ini kita mengungurkannya. Tapi kalo tidak ada putusan, kita tetap jalankan tahapn yang ada dengan para peserta Pilkada/Bakal Calon,"jelasnya.

Yehemia Walianggen Menambahkan, tapi untuk saat ini KPU tidak mengarah ke sana, tetapi fokus pada tahapan yang berjalan saat ini, biarkan persoalan ini berjalan di Kepolisian yang merupakan rananya.

Dirinya juga menegaskan bahwa semua tahapn pilkada di Kabupaten Yalimo hingga saat ini berjalan dengan baik.

"Saat ini kita sedang mengikuti tahapan Pemeriksa Kesehatan, dan hari ini kita sedang menunggu hasilnya bersama dengan sejumlah Bakal Calon kita di Jayapura,"tutupnya.

Apa Reaksi Anda?