SUARA INDONESIA

BMKG Imbau Warga Banyuwangi Waspadai Cuaca Ekstrem

Imam Hairon - 29 September 2020 | 16:09 - Dibaca 2.94k kali
Peristiwa Daerah BMKG Imbau Warga Banyuwangi Waspadai Cuaca Ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem. (Foto: Istimewa)

BANYUWANGI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan saat ini Kabupaten Banyuwangi mau memasuki musim pancaroba atau masa peralihan musim kemarau ke musim hujan pada awal Oktober 2020.

Prakirawan BMKG Banyuwangi Anjar Triyono Hadi menghimbau agar warga Banyuwangi mewaspadai adanya cuaca ekstrem pada masa transisi ini.

Pasalnya, pada musim pancaroba berpotensi terjadinya hujan lebat bahkan sangat lebat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Ciri-cirinya, kata dia, cuaca di pagi hari cerah namun menjelang siang hari dan sore hari muncul awan cumulus yang membesar dan berubah warna menjadi abu-abu.

"Ini yang perlu diwaspadai pada musim pancaroba. Karena bisa terjadi angin kencang, hujan lebat secara singkat, dan petir," ucapnya kepada Suara Indonesia saat ditemui di Stasiun BMKG Kelas III Banyuwangi, Selasa (29/9/2020).

Ia menyarankan, apabila terjadi angin kencang atau petir saat di jalan jangan sampai berteduh di bawah pepohonan. Karena khawatir adanya pohon tumbang.

"Lebih baik berteduh di bawah bangunan saja," ujarnya singkat.

Berdasarkan data BMKG, musim penghujan di Banyuwangi akan terjadi pada Oktober 2020 hingga awal tahun 2021 yakni pada bulan Januari dan Februari. (*)


Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin/Musa

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Imam Hairon
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV