SUARA INDONESIA
Banner

Puluhan Warga Kompak Perbaiki Jalan Rusak Bondowoso Tamanan, Pakai Dana Swadaya

BONDOWOSO- Puluhan Warga masyarakat dari Empat desa, Desa Kalianyar, Pajagan, Wonosuko, dan Desa Tamanan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, kompak memperbaiki jalan raya Bondowoso Tamanan (Botan) yang sering terjadi kecelakaan, akibat jalan rusak.

Jalan yang menghubungkan Empat kecamatan (Kecamatan Tenggarang, Jambesari DS, Grujugan, dan Tamanan) dan jalan alternatif menuju Kabupaten Jember itu dikerjakan sendiri oleh warga setempat, termasuk dana yang digunakan berasal dari hasil dana swadaya masyarakat.

Perbaikan jalan itu dilakukan dengan cara bergotong royong menambal sulam jalan berlobang yang rusak di wilayah jalan Desa Kalianyar.

Morakib, Warga Kalianyar sebagai koordinator perbaikan jalan mengatakan, bahwa perbaikan jalan dilakukan karena sering terjadi kecelakaan dan jalan yang rusak tidak kunjung diperbaiki oleh pemerintah .

" Karena jalan ini rusak dan sering terjadi kecelakaan lalu lintas, maka masyarakat menginisiasi sendiri melakukan perbaikan jalan dengan dana hasil swadaya masyarakat," ujarnya.

Morakib menjelaskan, perbaikan jalan yang menggunakan dana sumbangan murni masyarakat itu direncanakan sampai ke Desa Pejagan, jaka bahan materialnya mencukupi.

Dia berharap, agar pemerintah segera melakukan perbaikan jalan Bondowoso Tamanan yang telah rusak parah, karena kondisinya jalan memang sangat mengkhawatirkan, sebab terdapat banyak bolongan.

" Di jalan ini sering terjadi kecelakaan, dan korban yang meninggal dunia sudah satu orang," ungkapnya.


Sementara, Ageng Yuli Saputra, warga Kalianyar menambahkan, pembangunan jalan ini menggunakan dana sebesar 8 juta rupiah dan dikerjakan kurang lebih oleh 28 orang masyarakat.

" Dalam perbaikan jalan ini, masyarakat ada yang menyumbang uang, pasir, aspal, dan menyumbang konsumsi," ujarnya.

Dia juga menuturkan, sepanjang jalan tersebut lampunya juga saat ini sering mati.

"Informasinya jalan ini akan dibangun oleh pemerintah di tahun 2020 ini, karena tidak kunjung diperbaiki dan sering terjadi kecelakaan, maka masyarakat bergerak sendiri memperbaiki jalan ini," tutupnya.

Sementara Munandar, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bondowoso saat dikonfirmasi oleh media tidak memberikan jawaban.

Pantauan media di lapangan, jika melewati sepanjang jalan dari arah utara Desa Koncer Kidul menuju Kecamatan Tamanan, masyarakat akan berjumpa dengan jalan yang banyak berlubang, jalan bergelombang dan aspal jalan sudah mengelupas.

Apa Reaksi Anda?