SUARA INDONESIA
Banner

Festival WR Soepratman, Sarana Mengingat Jasa Pahlawan

SURABAYA - Festival tahunan WR Soepratman kembali digelar di Kaza Mall Surabaya. Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak 2015 silam. Selain itu, jga sebagai peringatan Hari Pahlawan.

Pihak pengelola Kaza Mall Surabaya, Rudi Harsono menjabarkan, jika awal mula kegiatan festival WR Soepratman berangkat dari kekhawatiran bangsa Indonesia yang sering diterpa masalah persatuan.

"Mengajak kembali mengingat negara ini dibangun atas suatu kesepakatan. Satu bangsa, bangsa indonesia. Wr Soepratman jadi insipirasi, bahwa dapat menyatukan indonesia," kata Rudi saat diwawancarai suaraindonesi.co.id, Sabtu (21/11/2020).

Rudi berharap, melalui acara rutinan festival WR Soepratman semakin banyak generasi bangsa yang tetap mengingat perjuangan dan jasa para pahlawan bangsa.

"Salah satu tokoh besar yang kami coba angkat. Agar yang muda paham nilai perjuangan. Semoga bisa terus berlanjut," imbuhnya.

Surabaya Corner Reenactor merupakan salah satu komunitas sejarah yang turut meramaikan pelaksanaan festival tahunan tersebut.

Supriyo, Koordinator Surabaya Corner Reenactor mengatakan, pihaknya berharap mampu mengedukasi masyarakat melalui pakaian sejarah yang dulu digunakan para pahlawan untuk melawan penjajah.

"Kami berusaha menunjukkan bahwa sejarah bisa dipelajari melalui pakaian," lugasnya.

Pelaksanaan festival ini dimulai pada 16 - 22 November 2020. Ada beberapa rangkaian acara yang digelar. Mulai dari lomba virtual, pameran UMKM, donor darah, cek kesehatan serta talk show. (lhm)

Apa Reaksi Anda?