SUARA INDONESIA

Selama Pandemi, Kesadaran Masyarakat Lhokseumawe Cuci Tangan Meningkat

LHOKSEUMAWE – Kesadaran masyarakat Kota Lhokseumawe melakukan cuci tangan selama pandemi virus corona (Covid-19) mulai meningkat, hal itu terlihat dari banyaknya warga yang melakukan cuci tangan disediakan di sejumlah tempat umum. 

Kepala Dinas Kesehatan Lhokseumawe Said Alam Zulfikar, Jumat (27/11/2020) mengatakan, masyarakat saat ini sudah paham akan pentingnya perilaku 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

“Dengan disiplin menerapkan perilaku 3M, setidaknya sudah berusaha membantu menghentikan laju penyebaran virus yang ada,” ucapnya.

Selanjutnya ia mengatakan, mencuci tangan menggunakan sabun merupakan tindakan sanitasi yang bisa memutus mata rantai virus dan juga kuman. Selain membantu terhindar dari virus Covid-19.

“Kebiasaan mencuci tangan memang bisa dibilang terlihat cukup sepele, namun kebiasaan kecil ini memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan. Tidak hanya bisa mencegah tertular virus Covid-19 di masa pandemi ini, membiasakan mencuci tangan dengan sabun juga bisa membantu terhindar dari berbagai macam penyakit,” ujarnya.

Sementara itu, secara tidak langsung mencuci tangan akan mengurangi dan membunuh jumlah kuman di tangan. Salah satu manfaat dengan membiasakan mencuci tangan ialah bisa membantu mencegah penyakit diare.

“Mencuci tangan dengan sabun merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penyebaran berbagai jenis kuman, infeksi, dan virus baik di rumah maupun lingkungan sekitar,” jelasnya.

Pihaknya mengharapkan kepada masyarakat untuk membudayakan hidup bersih dan mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan oleh pemerintah dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. Kalau itu dilakukan virus carona akan segera berakhir.

“Kita melihat sejumlah tempat umum dan perkantoran di Kota Lhokseumawe hampir seluruhnya menyediakan wastafel tempat cuci tangan air mengalir. Kesadaran masyarakat kita juga sudah meningkat. Cuci tangan dan memakai masker sudah menjadi gaya hidup masyarakat kita di masa pandemi Covid - 19,” ungkapnya. (Mulyadi)


Apa Reaksi Anda?