SUARA INDONESIA

KAI Daop 7 Madiun, Layani Pembelian Tiket Nataru

- 30 November 2020 | 11:11 - Dibaca 1.10k kali
Peristiwa Daerah KAI Daop 7 Madiun, Layani Pembelian Tiket Nataru
Foto : Ixfan Hendriwintoko Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun

MADIUN - PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka pemesanan tiket kereta api Jarak Jauh untuk periode liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Masyarakat sudah dapat membeli tiket tersebut melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, serta kanal penjualan resmi lainnya.

"Pembelian tiket sudah kami buka bagi pelanggan yang hendak bepergian pada periode libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid - 19 dan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak (3M) secara disiplin," tutur Ixfan Hendriwintoko Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Senin (30/11/2020).

Ixfan menerangkan ke suaraindonisia.co.id, ada beberapa KA yang berangkat atau melintas di wilayah Daop 7 Madiun yaitu KA Bima, Gajayana, Argo Wilis, Turangga, Malabar, Jayakarta dan Matarmaja.

Sedangkan yang berangkat dari wilayah Daop 7 terdapat KA Brantas relasi Blitar – Pasarsenen serta KA Kahuripan relasi Blitar – Kiaracondong, di beberapa tanggal juga dioperasikan KA Singasari yang berangkat dari Blitar dan KA Anjasmoro keberangkatan Stasiun Jombang, keduanya tujuan Pasar Senen Jakarta," jelas Ixfan.

Dirinya menambahkan jika antusias masyarakat untuk menggunakan transportasi Kereta Api pada periode libur natal dan tahun baru meningkat, pihaknya akan mengoprasikan kembali beberapa Kereta Api reguler.

“Bila antusiasme masyarakat untuk menggunakan KA tinggi pada periode libur Natal dan Tahun Baru, KAI akan mengoperasikan kembali beberapa KA reguler untuk mengakomodasi hal itu,” imbuhnya.

Sampai dengan saat ini KAI tetap berkomitmen menjual tiket KA Jarak Jauh dan lokal hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan, agar physical distancing tetap terjaga.

"Bagi pelanggan KA yang ingin melakukan bepergian, baiknya direncanakan jauh-jauh hari, menyesuaikan dengan hari libur dan cuti bersama yang telah diatur ulang oleh pemerintah," tambah Ixfan.

Ixfan menjelaskan walaupun masih dalam masa pandemi Covid-19, masyarakat tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa angkutan KA. Sebab KAI menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk operasional kereta api, mulai dari stasiun keberangkatan, selama dalam perjalanan diatas KA, hingga stasiun tujuan.

Persyaratan bagi pelanggan yang akan naik KA baik jarak jauh atau jarak dekat tetap sama, yaitu pelanggan harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

Sedangkan pelanggan KA jarak jauh ada tambahan berupa wajib menunjukkan surat bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan), atau surat keterangan bebas gejala influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter Rumah Sakit/Puskesmas, bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR dan/atau Rapid Test.

Bagi pelanggan yang berkeinginan memanfatkan rapid tes murah seharga Rp 85.000, Daop 7 Madiun telah menyediakan sebanyak 5 stasiun yaitu, di Stasiun Madiun, Kertosono, Jombang, Kediri dan Stasiun Blitar.

“Untuk mengetahui KA yang beroperasi, cek ketersediaan tempat duduk serta melakukan pemesanan tiket, masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi KAI Access, atau bisa menghubungi layanan pelanggan KAI di 021-121 atau sosial media KAI121,” Jelas Ixfan. (Ery Pramudya)



» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV