SUARA INDONESIA

Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Kabupaten Sampang Adakan Pelatihan Kader Posyandu

- 02 December 2020 | 21:12 - Dibaca 1.31k kali
Peristiwa Daerah Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Kabupaten Sampang Adakan Pelatihan Kader Posyandu
Foto: Peserta pelatihan Kader Posyandu sek Kabupaten Sampang

SAMPANG- Sebanyak lima puluh (50) kader Posyandu se kabupaten sampang mendapatkan pelatihan dari Dinas Kesehatan melalui Seksi Kesehatan Keluarga (Kesga) dan Gizi Masyarakat, guna menekan angka kematian ibu dan bayi, Rabu 02/12/2020, di aula Hotel Panglima Sampang. 

Pelatihan rutin kepada kader kesehatan tersebut, antaranya jenis makanan yang cocok terhadap usia kehamilan ibu, usia bayi hingga usia anak. Selain itu, juga pemberian vitamin dan cara tidak menjadikan stres pada bayi, anak dan ibu yang sedang hamil.

Dimana grafik selama tiga tahun terakhir angka kematian ibu dan anak menurun, tercatat selama 2018 jumlah kematian Ibu sebanyak 15 orang dan anak sebanyak 115 bayi. Untuk tahun 2019 angka kematian Ibu sebanyak 11 orang sedangkan Anak sebanyak 15 orang, dan untuk tahun 2020 ini jumlah kematian ibu sampai saat ini belum tercatat berbanding terbalik dengan Kematian anak sebanyak 41 bayi.

Dengan adanya pelatihan ini Plt Kepala Dinas Kesehatan Sampang Agus Mulyadi berharap, “peran serta segala pihak khususnya para kader kesehatan harus siap antar jaga ibu dan anak, serta memberikan pemahaman pentingnya asupan air susu ibu (ASI) secara eksklusif, kepada orang tua agar memperhatikan asupan ASI terhadap bayinya” ungkapnya

Di tambahkan Agus, “setidaknya bayi baru lahir hingga 24 bulan sangat bagus diberi asupan ASI, dimana semua vitamin hingga protein yang di butuhkan bayi terdapat pada ASI, maka dari itu sebagai kader Posyandu sangat penting memberikan pemahaman khususnya kepada para ibu – ibu karir yang cenderung meremehkan aturan dalam memberikan asupan makanan terhadap si bayi”. Tutupnya

Acara yang di mulai dengan perkenalan masing-masing perwakilan kader agar lebih harmonis, di lanjut dengan mengisi pohon kekhawatiran dan harapan,di lanjut dengan pembekalan materi berupa Teori Pemberian ASI dan MP-ASI, pretes dan postest, membuat anatomi payudara, hingga posisi menyusui yang baik dan benar, serta di tutup dengan membuat kesepakatan bersama. (HID)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV