SUARA INDONESIA

Jembatan Joyoboyo Surabaya Batal Diresmikan Tahun Ini

Lukman Hadi - 28 December 2020 | 18:12 - Dibaca 2.31k kali
Peristiwa Daerah Jembatan Joyoboyo Surabaya Batal Diresmikan Tahun Ini
Foto: Jembatan Joyoboyo Surabaya dalam tahap pengerjaan.

SURABAYA - Jembatan Joyoboyo Surabaya dipastikan batal diresmikan dari target awal yang seharusnya Desember 2020, namun harus mundur pada Maret 2021.

Penyebab diundurnya peresmian Jembatan Joyoboyo dikarenakan masih belum mendapat uji kelayakan dari Institusi Teknologi Surabaya (ITS). Meski pengerjaannya tinggal menunggu tahap finishing.

Kepala Dinas PU Bina Marga Kota Surabaya, Erna Purnawati mengatakan presentase pengerjaan Jembatan Joyoboyo sudah mencapai 99 persen.

"Secara fungsi sudah oke, tapi layak dipakai atau belum, kan belum dilakukan tes oleh ITS. ITS-nya kan masih lockdown," ujar Erna saat rapat hearing bersama Komisi C DPRD Kota Surabaya, Senin (28/12/2020).

Di sisi lain, Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, Baktiono mengingatkan pihak Dinas PU Bina Marga agar lebih detail melihat beberapa bagian Jembatan Joyoboyo yang perlu dilakukan finishing.

Menurut Baktiono, bagia yang perlu diperhatikan ialah tangga jembatan yang belum presisi, trotoar yang nampak terlalu sempit, ada taman sekitar jembatan harus diperbaiki dan bagian bawah jembatan yang belum ditutup.

"Diperkirakan tidak mungkin selesai pada bulan desember 2020. Yang disampaikan oleh kontraktor atau rekanan, dia akan menyelesaikan pada Maret 2021," kata Baktiono.

Komisi C juga meminta Pemkot Surabaya untuk memberikan sisa anggaran pengerjaan Jembatan Joyoboyo sembari menunggu kelayakan finishing sehingga bisa diresmikan.

"Juga menunggu uji kelayakan dari ITS dan kalau sampai saat ini belum selesai, uji kelayakan atau tes itu perlu untuk ditindaklanjuti. Termasuk sekat jalan yang sambungan itu tidak boleh terlalu landai dan harus selaras agar kendaraan yang lewat nanti tidak berbahaya," jelasnya.

Perlu diketahui bersama, Pemkot Surabaya telah mempersiapkan dana sebesar Rp 39 Miliar untuk segala bentuk pengerjaan Jembatan Joyoboyo yang diambil dari APBD.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV