SUARA INDONESIA

Proses Vaksinasi di Surabaya, Pemkot Siapkan 2 Ambulance Antisipasi Hal yang Tak Diinginkan

SURABAYA - Plt Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti bakal menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 di Balai Kota Surabaya, pukul 08.30 WIB, Jumat (15/1/2021) besok.

Pemkot Surabaya saat ini tengah mempersiapkan segala keperluan untuk giat vaksinasi mulai dari peralatan.

Whisnu mengaku sudah mendapat kiriman SMS Blast dari Pemerintah Pusat. Sehingga ia dinyatakan lolos pada tahap pendaftaran ulang dan diperbolehkan untuk mengikuti tahapan vaksinasi.

"Kalau saya sendiri dari pagi sudah dapat sms blast. Jadi sudah bisa divaksin tanggal 15 Januari besok," kata Whisnu, Kamis (14/1/2021).

Meski begitu, calon penerima vaksin yang telah mendapat SMS Blast dari Pemerintah Pusat masih harus melalui beberapa tahapan lagi sebelum dapat menerima vaksin.

Sebelum tahap proses vaksinasi, para penerima vaksin diharuskan menunjukkan SMS Blast yang telah diterimanya.

"Karena ada aturan beberapa penyakit yang tidak boleh ikut vaksin. Contohnya seperti memiliki diabetes, hipertensi, riwayat jantung, kanker ataupun ISPA. Makanya nanti ada skrining di meja 2. Kalau sudah lolos skrining, baru masuk ke meja 3 untuk penyuntikan vaksin," jelasnya.

Pemkot Surabaya juga menyediakan mobil ambulance sebagai upaya mengantisipasi apabila ada hal yang diinginkan (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

"Ada dua ambulance yang kita siapkan beserta peralatan, intinya semua persiapan sudah matang," tandasnya.

Selain Whisnu, ada 12 orang dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang rencananya ikut menjalani suntik vaksin Covid-19.

Apa Reaksi Anda?