SUARA INDONESIA

IKA PMII Jember Apresiasi Usulan Gelar Pahlawan Syaikhona Kholil Bangkalan

Bahrullah - 06 February 2021 | 16:02 - Dibaca 1.65k kali
Peristiwa Daerah IKA PMII Jember Apresiasi Usulan Gelar Pahlawan Syaikhona Kholil Bangkalan
Dr. Akhmad Taufiq, Ketua Umum IKA-PMII Jember (Foto Istimewa)

BONDOWOSO- Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Jember, mengapresiasi sepenuhnya atas dukungan pengusulan gelar pahlawan nasional kepada Syaikh Muhammad Kholil bin Abdul Latif Basyaiban atau Syaikhona Kholil Bangkalan oleh PDIP Kalimantan Barat.

Hal itu disampaikan Dr. Akhmad Taufiq, Ketua Umum IKA-PMII Jember dalam keterangan rilis tertulisnya, Jumat (5/2/2021).

Tentu ini, lanjut Dr. Taufik, merupakan perhatian dan langkah yang luar biasa, yang diberikan PDIP Kalimantan Barat.

"Insyaallah langkan PDIP Kalimantan barat mendapatkan dukungan sepenuhnya dari DPP PDIP,"ujarnya.

Dia menuturkan, dukungan pengusulan gelar pahlawan nasional ini juga memberi arti, bahwa partai ini, yakni PDIP memiliki perhatian yang besar dan sungguh-sungguh untuk semakin memperkuat spiritualitas bangsa ini.

Dr. Taufik berpendapat, membangun bangsa ini, juga berarti harus membangun spiritualitasnya. Maka anugerah gelar pahlawan nasional kepada Syaikhona Kholil tidak dapat dipungkiri adalah memberikan pondasi dan pijar spiritualitas yang terus-menerus memberikan pancaran cahaya bagi bangsa yang kita cintai ini.

Dia menerangkan, Syaikhona Kholil telah menjadi wasilah atas lahirnya tokoh-tokoh besar bagi bangsa ini.

"Seperti KH. Hasyim Asy'ari, KH. Abdul Wahab Hasbullah, dan sekian tokoh-tokoh yang lain memberi pijar spiritualitas di Nusantara ini secara lebih luas," tambahnya.

Tentu, kata dia dukungan pengusulan ini juga perlu diikuti dengan langkah konkret. Misalnya, pertama, penyusunan naskah akademik usulan gelar pahlawan nasional untuk Syaikhona Kholil. Kedua, pembentukan Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD), dan kemudian akan ditindaklanjuti oleh Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Tingkat Pusat (TP2GP), sesuai dengan PP Nomor 35 Tahun 2010 dan Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 15 Tahun 2012.

Pihaknya berpandangan, sungguh tepat dukungan pengusulan gelar pahlawan nasional oleh PDIP Kalimantan Barat untuk beliau.

"Satu moment Kebangsaan untuk kembali memberikan penguatan spiritualitas bangsa, di tengah bangsa Indonesia saat ini mengalami ujian yang begitu berat di berbagai sektor," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV