SUARA INDONESIA

Turun ke Kota, Empat Orang KKB Tak Berkutik Saat Diringkus Polisi

Mustakim Ali - 17 March 2021 | 17:03 - Dibaca 544 kali
Peristiwa Daerah Turun ke Kota, Empat Orang KKB Tak Berkutik Saat Diringkus Polisi
JAYAPURA – Empat orang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kalikopi Mimika berhasil diringkus tim gabungan tepatnya di sekitar Jembatan Nugure Jalan Trans Papua (Timika – Nabire), Sabtu (13/03/2021).

Singkat cerita, informasi yang di himpun dari lapangan diketahui salah satu pelaku penembakan mobil PJJ Brimob dan Bus Iveco milik PT. Freeport tanggal 08 Maret 2020 berada di Jalan Trans Papua (Timika – Nabire).

Saat Tim melakukan penyelidikan disekitar TKP mencurigai mobil Avanza putih dengan Nomor Polisi PA 1629 MM yang melaju kencang mengarah ke PT. PAL, selanjutnya Tim melakukan pembuntutan dan berhasil mencegat kendaraan tersebut, dimana dalam kendaraan terdapat 4 (Empat) Orang laki-laki, yakni, Eno Kulla, 18 tahun, Ter Jangkup, 23 tahun, Tinus Jangkup , 17 tahun dan Jerinus Jangkup, 23 tahun.

Dikesempatan yang berbeda, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan dari hasil pemeriksaan awal terhadap ke empat orang tersebut di ketahui salah satunya atas nama  Ter Jangkup alias Ter merupakan salah satu pelaku penembakan mobil PJJ Brimob dan Bus Iveco milik PT. Freeport di Utikini Lama Distrik Tembagapura yang terjadi tanggal 08 Maret 2020 sesuai dengan Laporan Polisi Nomor : LP / 136 / III / 2021 / Papua / Polres Mimika, tanggal 13 Maret 2021.

"Selain itu dari pengecekan Hp milik  Ter Jangkup alias TER diperoleh foto-foto saat akan melakukan aksi penembakan," ujar Kombes Kalam kepada awak media di Media center Polda Papua, Rabu (17/03/2201).

Lanjut Kamal, aparat TNI - Polri yang ada di Timika tidak akan berhenti sampai di sini.

"Kita sudah ketahui bahwa banyak rencana-rencana KKB yang sementara di pimpin oleh Jonni Botak yang meminta bantuan bama (bahan makanan) kita berusaha tidak ada Bama yang masuk untuk membantu kelompok tersebut," tegasnya.

Kata Kabidhumas Polda Papua itu, saat diamankan tim gabungan keempatnya tidak berkutik atau tanpa perlawanan.

Dirinya berharap adanya informasi - informasi dari masyarakat yang mendukung TNI - Polri dalam menjaga situasi keamanan wilayah hukum Polres Mimika dan Provinsi Papua pada umumnya tertutama terkait dengan adanya gangguan dari KKB.

Pewarta : Mustakim Ali
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV