SUARA INDONESIA

Kasus Covid-19 Jelang Ramadhan di Tuban Berpotensi Melonjak, Ini Penjelasan Kadinkes

M. Efendi - 18 March 2021 | 16:03 - Dibaca 913 kali
Peristiwa Daerah Kasus Covid-19 Jelang Ramadhan di Tuban Berpotensi Melonjak, Ini Penjelasan Kadinkes
Foto: Ka Dinkes Tuban saat ditemui awak media di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, (Diah/suaraindonesia.co.id)

TUBAN - Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Tuban sejak beberapa hari terakhir makin menurun, namun kasus Covid-19 bisa meningkat jika ada cuti Hari Raya Idul Fitri. 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo mengungkapkan, tingkat kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban saat ini sudah mulai menurun karena adanya vaksinasi, namun menurutnya bisa berpotensi melonjak jika ada cuti Hari Raya Idul Fitri.

“Kasus Covid-19 kemungkinan melonjak tetap ada, jika nanti cuti lebaran ini jadi, kan bisa melonjak kasus konfirmasi, karena banyak orang yang dari kota kota besar pada pulang,” ungkap Bambang Priyo Utomo kepada Suaraindonesia.co.id di Pendopo Kridho Manunggal, Tuban. Kamis, (18/03/2021).

Bambang juga menambahkan jika lebaran nanti banyak yang cuti lalu berpergian keluar kota juga berpotensi menular, namun saat ini belum ada larangan mudik atau cuti hari raya dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub).

“Untuk saat ini belum ada larangan terkait hal itu, namun tim Satgas akan lebih meningkatkan peranan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegitan Masyarakat (PPKM) mikro guna antisipasi,” ujar pria asal Tambakboyo ini.

Dikatakan lebih lanjut, jika nanti tidak ada larangan mudik, tim Satgas sudah punya tim PPKM Mikro yang akan antisipasi hal tersebut, jadi kalau kedatangan orang dari luar atau warga yang ada dikampung tersebut pulang dari perantauan bisa di antisipasi.

“Misalnya nanti ada yang pulang dari jauh atau ke kota zona orange maupun merah, harus diperhatikan betul, minimal isolasi mandiri atau melakukan tes swab antigen,” terang Bambang.

Masih kata Bambang, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban terus melandai. Tercatat dalam beberapa hari terakhir penambahan kasus positif Covid-19 baru di Kabupaten Tuban dibawah 10 orang.

“Hal itu dipengaruhi karena beberapa faktor, yakni Vaksinasi dan kesadaran masyarakat dalam penerapan Protokol Kesehatan (Prokes),” pungkasnya. (DAF/Nang). 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M. Efendi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya