SUARA INDONESIA

Pepadi Purworejo Laksanakan Musda Pemilihan Ketua Periode 2021 - 2026

Agus Sulistya - 24 March 2021 | 14:03 - Dibaca 1.66k kali
Peristiwa Daerah Pepadi Purworejo Laksanakan Musda Pemilihan Ketua Periode 2021 - 2026
Suasana Musda Pepadi Purworejo di Hotel Sanjaya In

PURWOREJO - Sukamto terpilih lagi menjadi Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, periode 2021-2026, menggantikan ketua Pepadi lama.

Pemilihan Ketua Pepadi dilaksanakan dalam Musda Pepadi di Hotel Sanjaya In, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Rabu (24/3/2021).

"Terimakasih kepada teman-teman dalang Purworejo, yang telah mempercayakan Pepadi kepada saya, ya ini kita hanya sebagai jembatan nanti teman-teman khususnya di kabupaten Purworejo untuk melanjutkan program kerja yang baik itu yang sebelum jalan maupun yang sudah jalan kita lanjutkan," kata Sukamto, usai terpilih menjadi Ketua Pepadi.

Dikatakan, dirinya tetap akan mengacu program pusat dan provinsi sehingga bisa sinergis apa yang direncanakan oleh Pepadi Purworejo sebagai program kedepan.

"Selama masih dalam kondisi pandemik covid-19 ini kita akan mengacu program namun harus disesuaikan dengan prokes sehingga yang kami lakukan untuk sementara adalah secara virtual sesuai dengan syarat penerapan protokol kesehatan," ujarnya.

Sukamto berharap, seni pedalangan di Kabupaten Purworejo tetap lestari dan berkembang. Ada peningkatan kesejahteraan untuk kehidupan para dalang dalam mengembangkan budaya asli pewayangan yang menjadi bagian dari tuntunan dan tontonan warga berasas Pancasila.

Sementara itu, Sunyoto Eskar bersama Setiabudi selaku Pengurus Pepadi Jateng Korwil Kedu yang hadir dalam Musda Pepadi Purworejo mengatakan, kegiatan perdalangan diharapkan tidak menghentikan karyanya tetapi dalam penyajian karyanya itu menyesuaikan masa pandemic seperti pentas secara virtual. 

"Harapanya pengurus baru ini bisa membawa para dalang di Purworejo untuk bisa lebih kreatif menyesuaikan masa perkembangan," harapnya.

Pihaknya meminta kepada Pemerintah Daerah bisa memberikan fasilitas untuk karya seni secara online/virtual, ada peluang dan harapan bagi para pelaku seni khususnya perdalangan. (Widarto)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV