SUARA INDONESIA

Cara Unik Ormas GNPP Purworejo Dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Agus Sulistya - 26 March 2021 | 14:03
Peristiwa Daerah Cara Unik Ormas GNPP Purworejo Dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan

PURWOREJO - Banyak cara unik dilakukan masyarakat Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, salah satunya yaitu dengan melaksanakan tradisi ziarah kubur atau nyekar yang masih menjadi tradisi turun temurun sampai sekarang.

Untuk memudahkan dan memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang akan berziarah atau nyekar, ormas Garda NKRI Pengawal Pancasila (GNPP) Purworejo, menggelar kerja bhakti dengan membersihkan makam di TPU Dusun Silendung, Desa Penungkulan, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Jumat (26/03/2021).
 
Muhammad Khoirul Anam selaku Ketua Ormas GNPP Purworejo menyampaikan, kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun dalam menyambut bulan suci ramadhan.
 
"Pagi ini, kami dari ormas GNPP Purworejo melaksanakan pembersihan makam dengan menerjunkan anggota ormas GNPP dibantu oleh masyarakat Desa Penungkulan," kata Gus Anam.
 
Lebih lanjut, Gus Anam menambahkan, tujuan kegiatan tersebut juga untuk memupuk semangat kerjasama, gotong royong dan guyup rukun antar anggota GNPP dengan masyarakat.

"Dengan pembersihan makam ini, kami ingin memudahkan dan memberikan kenyamanan kepada peziarah yang akan melaksanakan ziarah atau mencari makam sanak saudaranya," imbuhnya.

Sementara itu, Suroso selaku Kepala Desa Penungkulan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para anggota ormas GNPP bersama warga masyarakat.

"Mudah - mudahan kedepan kegiatan seperti ini terus dilaksanakan karena menjaga lingkungan sekitar adalah tanggung jawab bersama setiap warga, kalau makamnya kelihatan bersih maka peziarah yang datang juga akan merasa nyaman," singkatnya.
 
Dari pantauan kontributor suaraindonesia.co.id dilapangan, terlihat anggota ormas GNPP Purworejo bersama warga setempat melakukan pembersihan dengan memotong rumput, membersihkan daun dan memangkas ranting pohon. Selain itu, mereka juga terlihat merapikan areal makam seperti menata kembali batu nisan yang roboh.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV