SUARA INDONESIA

Anggota Komunitas RAPI Purworejo Ikuti Latihan PBB

Agus Sulistya - 28 March 2021 | 16:03 - Dibaca 1.56k kali
Peristiwa Daerah Anggota Komunitas RAPI Purworejo Ikuti Latihan PBB
Anggota Koramil 01 Purworejo sedang mengajari anggota RAPI baris berbaris di lapangan cangkrep lor

PURWOREJO - Sekitar 30 anggota komunitas Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) lokal I Purworejo – Banyurip mengikuti kegiatan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) di lapangan Cangkrep Lor, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Minggu (28/03/2021).

Dalam latihan PBB tersebut juga melibatkan pelatih dari anggota TNI Koramil 01 Purworejo, untuk membentuk sikap kedisiplinan, ketegasan dan karakter bagi para anggta RAPI.

Peltu Suratno selaku pelatih dari Koramil 01 Purworejo menyampaikan, latihan PBB tersebut untuk menanamkan karakter masing masing pribadi perorangan supaya terbentuk sikap kedisiplinan, sehingga pada saat ada kegiatan kebencanaan dan lainnya, RAPI akan tampil sebagai garda terdepan dan terlatih.

“Materi yang di berikan pada kegiatan ini adalah materi dasar PBB yaitu penghormatan, sikap sempurna, hadap kanan, hadap kiri, serong kanan dan kiri serta gerakan berjalan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Suratno mengatakan, dalam latihan tersebut ada tingkat kesulitan sendiri dalam melatih, selain usia anggota RAPI yang berbeda juga karena faktor profesi, sehingga harus bisa menyikapi hal tersebut dengan memberi contoh.

“RAPI merupakan mitra TNI bekerja bersama sama dalam kegiatan sosial kemasyarakatan terutama dalam bidang kebencanaan selalu menginformasikan ke seluruh warga sehingga penanganan bencana  akan cepat dan tepat," katanya.

Sementara itu, Shokhibul Arif selaku ketua RAPI lokal I Purworejo – Banyuurip mengungkapkan, bahwa anggota RAPI sangat minim pengetahuan ilmu baris berbaris, dengan adanya latihan PBB tersebut, maka peserta akan paham sehingga pada saat melaksanakan tugas di lapangan bisa layak di terjunkan.

“Kegiatan ini kita programkan untuk mendukung tugas dalam  membantu kebencanaan dan kegiatan sosial yang lain agar bisa dan siap turun kelapangan dan anggota RAPI tidak binggung dalam melakukan tindakan," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya