SUARA INDONESIA

Kilang Minyak Gelar Pelatihan K3 Sampai 4 Gelombang, Minat?

M. Efendi - 29 March 2021 | 15:03 - Dibaca 1.87k kali
Peristiwa Daerah Kilang Minyak Gelar Pelatihan K3 Sampai 4 Gelombang, Minat?
Bupati Tuban, Fathul Huda bersama Presiden Direktur NGRR Tuban didampingi Camat Jenu saat melihat langsung pelatihan di BLK Tuban, (Diah/suaraindonesia.co.id)

TUBAN - Bupati Tuban Fathul Huda bersama PT Pertamina New Grass Root Refinery (NGRR) gelar pelatihan Keselamatan dan Kesehatan, Kerja (K3) Dasar bagi tenaga kerja proyek pembangunan kilang minyak di Kabupaten Tuban pada tahap III Gelombang I di Balai Latihan Kerja (BLK) Tuban.

Pelatihan K3 berlangsung selama dua hari dan diikuti oleh 76 orang dari warga sekitar Beji, Rawasan, Wadung, Sentoso, Sumurgeneng dan Kaliuntu, Kecamatan Jenu, daerah tersebut merupakan wilayah ring 1 Kilang Minyak PT Pertamina. 

Bupati Tuban Fathul Huda mengatakan pelatihan ini wujud komitmen dari NGRR untuk memberikan peluang kerja serta memberikan pelatihan dan menjamin keselamatan maupun kesehatan bagi tenaga kerja.

“Selain itu, adanya pelatihan ini mampu meningkatkan motivasi dan semangat bagi tenaga kerja, serta antisipasi kemungkinan terburuk dalam timbulnya kecelakaan kerja," ungkap Fathul Huda kepada suaraindonesia.co.id. Senin, (29/03/2021).

Dikatakan lebih lanjut, Pemerintah Kabupaten terus berupaya untuk mendorong seluruh perusahaan di Tuban agar menerapkan Zero Accident atau Nol Kecelakaan Kerja. Agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi perusahaan, pekerja dan keluarga masing masing serta melakukan pencegahan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Maka dari itu, peserta yang mengikuti pelatihan K3 ini diharapkan disiplin dan bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan," terang orang nomor satu di Tuban itu.

Fathul Huda juga menambahkan, hadirnya kilang minyak di Tuban mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tuban. 

"Sehingga, kami sampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini untuk mendukung proyek strategis nasional,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Project Coordinator Pertamina NGRR Tuban, Wiko Taviarto mengungkapkan pelatihan K3 Dasar akan dibagi menjadi 4 Gelombang dengan total peserta sebanyak 260 orang. Tujuan dari pelatihan ini untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan kerja.

“Kami dari NGRR juga berupaya semaksimal mungkin menekan resiko kerja yang ditimbulkan nantinya," kata dia.

Wiko sapaan akrabnya berharap untuk memperhatikan materi yang disampaikan. Sebab, aspek dalam K3 menjadi poin penting untuk pembangunan maupun operasional nantinya.

"Tentu dalam proses Pembangunan kilang minyak memerlukan dukungan dari semua pihak, mulai dari Pertamina, Pemkab Tuban dan masyarakat," tuturnya.

Saat ditanyai proses pembangunan sudah ditahap mana, Wiko mengatakan masih dalam persiapan lahan dan penyusunan engineering proyek Kilang Minyak GRR Tuban.

"Proyek strategis nasional ini nantinya akan mampu meningkatkan perekonomian nasional, khususnya di Kabupaten Tuban," pungkasnya. (Diah/Imm). 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M. Efendi
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV