SUARA INDONESIA

Dua Pemuda Purworejo Gasak Perhiasan di Dalam Rumah

Agus Sulistya - 30 March 2021 | 10:03
Peristiwa Daerah Dua Pemuda Purworejo Gasak Perhiasan di Dalam Rumah

PURWOREJO - Dua pemuda asal Desa Pucungroto, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, yaitu Ilham Kurniarahman dan Ardita Putra Pratama, terpaksa harus berurusan dengan pihak berwajib dan kini mendekam diruang tahanan Mapolres Purworejo.

Kedua pemuda itu ditahan petugas lantaran diduga telah melakukan pencurian di rumah Suyati warga  Dusun Krajan I RT 02 RW 01 Desa Pucungroto, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo.

Kapolres Purworejo, AKBP Rizal Marito, melalui Kasubbag Humas Polres Purworejo, Iptu Madrim Suryantoro mengatakan, dalam aksinya, kedua pemuda itu memasuki rumah Suyati melalui rumah bagian belakang. 

"Ilham Kurniarahman membuka jendela belakang dengan menarik kayu penjepit kaca setelah terbuka Ilham Kurniarahman masuk melalui jendela, sementara Ardita Putra Pratama menunggu diluar setelah masuk kedalam rumah, Ilham Kurniarahman berusaha mencari barang berharga milik mbah Suyati," katanya saat jumpa pers di Mapolres Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (30/3/2021).

Saat di dalam kamar tengah itulah, pelaku menemukan dompet warna krem, setelah dibuka dompetnya ada cincin emas dan surat pembeliannya atas nama Suyati, selanjutnya Ilham Kurniarahman  keluar rumah yang sudah di tunggu oleh Ardita Putra Pratama.

"Cincin emas tersebut di jual oleh kedua pelaku di salah satu toko emas di kawasan Kota Purworejo dengan berpura-pura mengaku sebagai cucunya Suyati, Pelaku berhasil menjual cincin emas dengan nilai  7.200 .000 dan uang tersebut di bagi dua," jelasnya.

Mendapati laporan pencurian, petugas kemudian melakukan penyelidikan, dan berhasil mengungkap serta menangkap kedua pemuda tersebut.  

"Saat ini keduanya sedang kita lakukan pemeriksaan," tambahnya.

Dalam pemeriksaan, lanjutnya, terungkap bahwa selain melakukan pencurian emas, kedua pelaku juga pernah melakukan aksinya di SD Pucungroto pada awal bulan Januari 2021 lalu dan berhasil membawa 2 buah Tab A merek Samsung. 

Atas tindakanya itu, kedua pemuda itu dijerat dengan sangkaan tindak pencurian dengan pemberatan secara berulang sebagaimana dimaksud Pasal 363 ayat 1 ke (3) dan ke (4) jo pasal 65  ayat (1)  KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara. (Widarto)

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV