SUARA INDONESIA

Sejarah Berdirinya Organisasi Bonsai Situbondo, Begini Kisahnya

Irwan Rakhday - 31 March 2021 | 08:03 - Dibaca 2.81k kali
Peristiwa Daerah Sejarah Berdirinya Organisasi Bonsai Situbondo, Begini Kisahnya
Foto: R. Awang Ishartono (kanan) bersama panitia kontes bonsai di Kabupaten Jember tahun 2001.Tampak berseragam pramuka Wabup Situbondo, Suroto. (istimewa).

SITUBONDO- Organisasi bonsai pertama di Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur berdiri pada tahun 1995. Organisasi tersebut merupakan cabang dari PPBI (Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia) yang didirikan Ismail Saleh pada tahun 1979.

Menurut R. Awang Ishartono (61), pebonsai asal Kecamatan Asembagus, PPBI Cabang Situbondo sebelum didirikan tahun 1995 masih berupa ranting dari PPBI Cabang Banyuwangi.

"Jauh sebelum itu, saya bersama kawan-kawan, ada Aryo , Asruji, Aris Fudriyanto, Nanang Sugito, Siddik Rahman dan Jasuli bersepakat menggelar arisan dengan nominal 10 ribu dan 5 ribu. Lalu pada awal tahun 1990-an, barulah para pebonsai Asembagus dijadikan semacam ranting dari PBBI Cabang Banyuwangi," ucap Awang   kepada suaraIndonesia, Rabu (31/03/2021) pagi.

Hal itu, imbuh Awang, setelah dirinya menghubungi seseorang bernama Karsim di Banyuwangi.

Kala itu, Ketua PPBI Pusat  adalah Gani Jemat dan pelindungnya Ismail Saleh.

Ditambahkan, secara pribadi, awal-awal menggemari bonsai pada tahun 1980-an kerap blusukan ke perbukitan dan hutan.

"Dulu saya memburu bersama istri dengan bersepeda engkol.  Lama-lama ya jadi pengepul, ikut even, jadi juri kontes bonsai lokal hingga nasional," pungkas pria yang memiliki sertifikat sebagai juri utama nasional tersebut.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irwan Rakhday
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV