SUARA INDONESIA

Imbas Bom Makassar, Kapolres Purworejo Ajak Masyarakat Tetap Jaga Toleransi antar Agama 

Agus Sulistya - 31 March 2021 | 10:03
Peristiwa Daerah Imbas Bom Makassar, Kapolres Purworejo Ajak Masyarakat Tetap Jaga Toleransi antar Agama 

PURWOREJO - Kapolres Purworejo, AKBP Rizal Marito, mengajak kepada seluruh jamaah, umat beragama, dan seluruh masyarakat di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, untuk menjaga toleransi, saling menghormati satu dengan lainnya, apalagi sebentar lagi akan melaksanakan perayaan paskah bagi umat Kristiani yaitu pada tanggal 2 April 2021 dan ibadah puasa Ramadhan 1442 H bagi umat islam.

Ajakan itu disampaikan Kapolres Purworejo, AKBP Rizal Marito, saat menggelar kegiatan silaturohmi bersama Forkompinda, FKUB, serta tokoh agama di Kabupaten Purworejo, di ruang Rupatama Mapolres Purworejo, Jawa Tengah, Rabu (31/03/2021).

"Baru-baru ini kita di kegetkan dengan aksi orang yang tidak bertanggung jawab, aksi bom bunuh diri di Makasar, bahwa aksi terorisme dan bunuh diri tidak diajarkan oleh agama apapun, maka dari itu kami mengajak kepada para tokoh agama dan semua yang hadir pada kegiatan ini untuk menjaga toleransi, saling menghormati satu dengan lainnya," kata Kapolres.

Disampaikan, kegiatan silaturohim itu merupakan wujud nyata sinergitas diantara Kepolisian dan upaya untuk menjaga dan memelihara kerukunan umat beragama, adat istiadat serta budaya, di Purworejo dan Indonesia, dimana keaneka ragaman tersebut tidak menjadi penghalang bahkan dianggap sebagai kekayaan bangsa.

"Kita sebagai bangsa yang majemuk dengan berbagai macam agama, ratusan suku, bermacam golongan sehingga untuk menyatukan dibutuhkan perekat.nqh toleransi adalah perekat tersebut, oleh sebab itulah peran penting dari potensi masyarakat, tokoh agama, ormas keagamaan dan seluruh komponen masyarakat harus bersatu, rukun, toleran, saling menghormati dan bilamana terjadi gesekan kecil di masyarakat harus segera diselesaikan," jelas Kapolres.

Kapolres juga berharap kepada semua pihak untuk menggunakan media sosial secara bijak, mengingat saat ini banyak kelompok- kelompok yang memanfaatkan media sosial untuk menghasut dan menimbulkan kebencian serta propaganda. (Widarto)

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV