SUARA INDONESIA

Staf Ahli Menko Polhukam Tinjau Pembangunan Bendungan Bener di Purworejo

Agus Sulistya - 31 March 2021 | 17:03 - Dibaca 1.52k kali
Peristiwa Daerah Staf Ahli Menko Polhukam Tinjau Pembangunan Bendungan Bener di Purworejo
Staf ahli menko polhukam memakai baju biru saat mengisi sambutan

PURWOREJO - Kunjungan kerja ke Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dilakukan oleh Staf Ahli Menko Polhukam Bidang Ketahanan Nasional dalam rangka melihat perkembangan pembangunan Bendungan Bener di Desa Guntur, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Rabu (31/03/2021).

Marsda TNI Achmad Sajili selaku Staf Ahli Menko Polhukam Bidang Ketahanan Nasional,
menyampaikan, tugas Menko Polhukam adalah mengkoordinasikan, mengharmonisasikan dan mengevaluasi atau pengendalian apa yang ditergetkan dapat selesai.

"Pembangunan Bendungan Bener ditargetkan rampung tahun 2023 ini, jadi hasil dari peninjauan ini nantinya akan dibuat menjadi rekomendasi yang disampaikan kepada Menteri dan beberapa pihak terkait," ucapnya.

Lebih lanjut, Sajili menambahkan, berbagai permasalahan yang dihadapi dapat dikoordinasikan kepada Forkopimda agar segera dicari solusinya.

“Saya berharap permasalahan pembebasan lahan yang belum selesai dapat segera tuntas. Mari kita terus berkarya dan membangun negara ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Agus Bastian selaku Bupati Purworejo mengungkapkan, kunjungan dari Staf Ahli Menko Polhukam Bidang Ketahanan Nasional tersebut mampu mengurai beberapa permasalahan yang masih ada, serta mempercepat progres pembangunan Bendungan Bener.

"Keberadaan Bendungan Bener ini nantinya akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat Purworejo dan sekitarnya. Tidak hanya dalam hal penyediaan air irigasi yang mampu mengairi 15.519 hektar maupun menyediakan kebutuhan air baku sebanyak 1.500 liter/detik," ungkapnya.

Bupati menjelaskan, keberadaan Bendungan Bener juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pariwisata, pengembangan sumber listrik sebesar 6 megawat, untuk pengendalian banjir, serta pengembangan perikanan. 

“Untuk itu, kami terus mendorong segenap masyarakat Purworejo untuk memberikan dukungan sepenuhnya pembangunan Bendungan Bener yang manfaatnya akan dapat dirasakan bersama," jelasnya.

Disinggung mengenai sejumlah aksi demonstrasi oleh sejumlah warga masyarakat terdampak Bendungan Bener, Bupati memaklumi hal tersebut.

“Kami akan terus berupaya memberikan pemahaman dan pengertian, sehingga diharapkan masyarakat terdampak bisa menerima keberadaan proyek ini," pungkasnya.

Terlihat hadir dalam penyambutan Staf Ahli Menko Polhukam Bidang Ketahanan Nasional tersebut yaitu, Bupati Purworejo Agus Bastian, Dandim 0708/Purworejo Letkol Inf. Lukman Hakim, Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito, perwakilan Forkopimda, pejabat BBWS dan sejumlah pejabat OPD terkait. (Widarto)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya