SUARA INDONESIA

Bakeuda Kendal Terapkan Sistem Pelayanan Elektronik

Zamroni - 01 April 2021 | 15:04
Peristiwa Daerah Bakeuda Kendal Terapkan Sistem Pelayanan Elektronik

Kendal- Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Kendal Jawa Tengah, luncurkan inovasi baru yaitu Pelayanan Pajak Elektronik. 

Hal itu dilakukan untuk mempermudah pelayanan pembayaran pajak dan juga untuk memaksimalkan pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Bakeuda Kendal, Dwi Agus Lestari mengatakan, tranformasi ini dilakukan untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat yang ingin membayar pajak.

“Mulai sekarang pembayaran wajib pajak SPPT PBB-2 tidak terbatas hanya di Bank Jateng saja. Namun sekarang pembayaran bisa secara elektronik di berbagai Bank yang ada aplikasi pembayaran pajak SPPT PBB-2,” kata Dwi Agus Lestari, saat acara launching inovasi baru Bakeuda Kendal, yang dilaksanakan di Pendopo Kendal, Kamis (01/04/2021).

Ia menjelaskan, kalau dulu masih memakai tanda tangan basah, stempel basah, sekarang tidak ada lagi, dan diganti dengan tanda tangan elektronik.

“Jika ada Masyarakat wajib pajak ingin minta SPPTnya kita bisa berikan dengan memberi link dari Bakeuda, tentunya itu ada syarat-syaratnya,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Dwi, pihaknya juga membikin sistem Gib giospasial secara online untuk menyimpan data aset-aset yang dimilik daerah

“Kami juga sudah menyiapkan dashboard keuangan daerah, supaya memudahkan pemantauan keuangan daerah secara online. Harapan kami ini menjadi komitmen bersama dan memudahkan pemantauan terhadap aset-aset milik daerah yang ada. Selain itu juga memudahkan investor dalam membeli barang kita yang secara on-line,” paparnya.

Dwi menambahkan, bahwa pihaknya juga memasang 100 alat perekam transaksi di restoran, kafe dan hotel di Kabupaten Kendal.

“Pemasangan alat perekam transaksi itu bertujuan untuk memberikan pengawasan terkait pungutan pajak yang ditarik pengusaha hotel, restoran dan kafe. Sementara jumlah yang sudah terpasang ada 100 alat atau mesin dengan bekerjasama bersama Bank Jateng Cabang Kendal,” tandasnya.

Sementara itu, Wakik Bupati Kendal, Windu Suko Basuki sangat mendukung adanya inovasi baru dari Bakeuda Kendal tersebut. Ia menyampaikan bahwa dengan inovasi baru itu dirinya meyakini bisa menggali potensi untuk meningkatkan PAD Kendal.

“Saya yakin ini akan bisa meningkatkan PAD kita. Saya sangat mengapresiasi inovasi baru ini, dan inovasi tersebut merupakan inovasi pertama di Jateng, tentunya ini hasil kerja keras kita bersama. Saya berharap ini bisa disosialisasikan sampai ke pelosok desa, sehingga masyarakat pada saat pelaksaan pembayaran SPPT bisa terbayarkan sebelum jatuh tempo,” pungkasnya.
 

Pewarta : Zamroni
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV