SUARA INDONESIA

Meresahkan Warga, Dua Orang Gila Tanpa Busana Diamankan Satpol-PP Tuban

Achmad Junaidi - 05 April 2021 | 13:04
Peristiwa Daerah Meresahkan Warga, Dua Orang Gila Tanpa Busana Diamankan Satpol-PP Tuban

TUBAN - Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Tuban kembali menjaring Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang meresahkan warga karena tidak memakai baju dan terlihat bugil. ODGJ yang tidak diketahui identitasnya ditangkap di rumah makan di jalan Tuban - Semarang.

Kasatpol PP Tuban Heri Muharwanto mengatakan, petugas saat itu menerima laporan dari warga karena ada ODGJ yang tidak memakai busana. Bergegas tim Satpol PP langsung mengamankan di lokasi itu.

"Sudah kita tertibkan dan kita evakuasi. untuk selanjutnya kita bawa ke Dinas Sosial Tuban," ungkap Heri Muharwanto kepada suaraindonesia.co.id. Senin, (05/04/2021).

Lanjut, salah satu petugas yang menertibkan langsung memberikan pakaian kepada ODGJ yang bugil tersebut, menurutnya di kantor Satpol PP banyak pakaian yang memang dikhususkan saat ada ODGJ yang tidak punya pakaian.

Dilain tempat, Hermawan Wiratno selaku kepala seksi pelayanan dan rehabilitasi sosial penyandang disabilitas Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Tuban mengungkapkan memang benar ODGJ yang ditertibkan oleh Satpol PP langsung diserahkan ke Dinsos.

"Memang saat ini sudah kami tangani, nanti kita cari tau identifikasinya, asalnya darimana, kita akan menghubungi pihak keluarganya dan akan kita fasilitasi," terang Hermawan saat ditemui diruang kerjanya.

Dikatakan lebih lanjut, fasilitas untuk ODGJ yang akan diberikan yaitu berupa pengobatan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya, pengantaran dan semua biaya di tanggung oleh pemerintah.

"Biasanya kalau kita sudah tau asalnya dari mana, kita cari tahu keluarganya, sedangkan pertolongan pertama itu kita periksa di Puskesmas, kalau memang keadaannya berat akan ada surat rujukan ke RSJ Menur dan itu gratis," pungkasnya. (Diah/Imm)

Pewarta : Achmad Junaidi
Editor : Junaidi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV