SUARA INDONESIA

Jelang Ramadhan, Kasi Bimas Islam Kemenag Mukomuko Minta Warga Patuhi Prokes Saat Tarawih

Robianto - 06 April 2021 | 15:04
Peristiwa Daerah Jelang Ramadhan, Kasi Bimas Islam Kemenag Mukomuko Minta Warga Patuhi Prokes Saat Tarawih

MUKOMUKO- Hanya menunggu hitungan hari akan tiba bulan suci Ramadhan. Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Mukomuko, H. Peri Irawan, S.HI mengajak warga masyarakat, khususnya umat Islam didaerah itu untuk mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan ibadah ramadhan seperti; sholat tarawih, witir, iktikaf, taddarus, dan nuzul Al Qur'an.

"Dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19, serta memberikan rasa aman kepada umat Islam dalam menjalankan ibadah pada bulan suci Ramadhan Tahun 1442 H/2021, kita himbau untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah sebagaimana yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 03 Tahun 2021 tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1442 H/2021," kata Peri Irawan kepada media ini, Selasa, (6/4/2021).

Dijelaskan Peri, pada poin 4 huruf A dalam ketentuan SE tersebut juga diatur pembatasan jumlah kehadiran paling banyak 50 persen dari kapasitas masjid/mushala dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat, seperti menjaga jarak antar jamaah, dan stiap jamamah membawa sajadah/mukenah masing-masing.

Ia mengingatkan salat tarawih merupakan ibadah sunnah. Menurutnya, hal yang lebih wajib adalah menjaga kesehatan diri, termasuk mencegah diri terpapar virus Corona atau COVID-19.

"Jadi jangan nanti karena ibadah sunnah kita lalai dengan kewajiban untuk memelihara diri. Untuk itu, jika dilakukan salat tarawih di masjid/mushala, pastikan betul kondisi dan bersinergi dengan pemerintah daerah. Apa himbauan dari pemerintah daerah, masyarakat harus patuh," pungkasnya.

Peri juga meminta warga membersihkan rumah ibadah sebelum memasuki bulan Ramadhan. Dia mengingatkan menjaga kebersihan tempat ibadah adalah salah satu ikhtiar untuk memutus rantai penyebaran virus corona, disamping sebagai wujud kegembiraan kita dengan kedatangan bulan Ramadhan," Demikian Peri.(Robi)

Pewarta : Robianto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV