SUARA INDONESIA

Di Situbondo, Masih Ada Wilayah Alami Krisis Air Bersih

Syamsuri - 07 April 2021 | 08:04 - Dibaca 2.68k kali
Peristiwa Daerah Di Situbondo, Masih Ada Wilayah Alami Krisis Air Bersih
Babinsa Sopet saat mengawal pasokan air bersih dari BPBD Situbondo Untuk Warga Dusun Galingan (Foto/Istimewa)

SITUBONDO – Akibat pipa saluran air putus tertimbunan tanah longsor, warga Dusun Galingan, Desa Sopet, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, kekurangan air bersih.

Untuk mendapat suplai air bersih masyarakat harus menunngu kiriman air dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, Rabu (7/4/2021).

Kepala Dusun (Kadus) Galingan, Rofiqi mengatakan bahwa, pipa air di Dusun Galingan yang putus akibat tertimbun tanah longsor masih dalam perbaikan.

Untuk mencukupi kebutuhan air bersih, masyarakat harus sabar menunggu pasokan air 5000 liter yang angkut mobil tangki BPBD Kabupaten Situbondo.

“Pendistribusian air bersih yang dilakukan BPBD Kabupaten Situbondo sebanyak 5000 liter untuk warga Dusun Galingan. Warga kekurangan air bersih tersebut, lantaran pipa saluran air terputus akibat tanah longsor. Saat ini, pipa tersebut dalam perbaikan dan hari selasa kemarin warga sudah mendapat jatah air bersih,” jelas Kadus Galingan, Desa Sopet, Kecamatan Jangkar.

Untuk mengatasi kebutuhan air bersih tersebut, kata Rofiqi, pemerintah daerah melalui BPBD akan terus mensuplai kebutuhan air bersih hingga pipa yang masih dalam perbaikan tersebut selesai.

“Benar, saya kemarin mengirim air bersih 5000 liter ke Dusun Galingan,” kata Sonata petugas BPBD yang mengirim air ke Dusun Galingan.

Hal senada juga sampaikan Sertu Erwan Babinsa Desa Sopet Koramil 09 Jangkar saat mengkawal pendistribusian air bersih yang menggunakan tangki BPBD Situbondo.

“Warga disini kekurangan air bersih, karena pipa saluran air terimbun tanah longsor hingga putus. Untuk sementara warga mengandalkan air bersih menunggu kirimamdari BPBD Situbondo,” jelas Babinsa Desa Sopet.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV