SUARA INDONESIA

YAKKUM Yogyakarta Launching Buku Desa Inklusi di Purworejo

Agus Sulistya - 07 April 2021 | 14:04
Peristiwa Daerah YAKKUM Yogyakarta Launching Buku Desa Inklusi di Purworejo

PURWOREJO - Pusat Rehabilitasi YAKKUM Yogyakarta, melaunching buku panduan fasilitasi Desa Inklusi di Pendopo Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Rabu (7/4/2021).

Buku tersebut dibuat sebagai acuan bagi pemerintah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota maupun para penggiat pembangunan desa. 

Launching sendiri ditandai dengan penyerahan buku kepada Bupati Purworejo, yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Purworejo, Agus Ari Setiyadi, perwakilan Kepala Desa, dan perwakilan penyandang Disabilitas serta bedah buku saku panduan fasilitasi desa inklusi.

"Fasilitasi Desa Inklusif pada dasarnya bersifat lintas pemangku kepentingan. Panduan Fasilitasi Desa Inklusif memuat prosedur kerja yang senantiasa bersifat sinergistik lintas pemangku kepentingan sekaligus berfokus pada upaya menumbuhkan dalam diri warga Desa buah-buah gagasan yang inovatif menuju terwujudnya Desa yang kuat, maju, mandiri dan demokratis," jelas Jaimun selaku Program Manager  Pusat Rehabilitasi YAKKUM Yogyakarta, saat ditemui disela acara.

Disampaikan, untuk Kabupaten Purworejo, Pusat Rehabilitasi YAKKUM sendiri sudah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Purworejo sejak tahun 2014, untuk mendorong pemberdayaan ekonomi bagi disabilitas melalui pembentukan Organisasi Penyandang Disabilitas (DPO) di 10 Kecamatan di Kabupaten Purworejo, untuk menjadi motor penggerak advokasi akses layanan disabilitas, dan mewujudkan Purworejo yang lebih inklusif bagi disabilitas.

"Lewat Program Desa Inklusif yang didukung oleh Light For The World. Sejak tahun 2019, Pusat Rehabilitasi YAKKUM mendampingi 50 Desa di Kabupaten Purworejo, untuk lebih bisa mengikutsertakan warga disabilitas dalam rencana pembangunan desa," katanya.

Selain Desa Inklusif, Pusat Rehabilitasi YAKKUM juga memberikan program untuk membuat teknologi tepat guna bagi semua orang di Desa lewat AGRILAB.

"Kami berharap buku ini bisa menjadi referensi bagi desa untuk membangun desa yang lebih inklusif, tidak hanya di Purworejo, namun di wilayah-wilayah lain di Indonesia," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Purworejo, Agus Ari Setiyadi, menyampaikan, bahwa, launching buku tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi Kabupaten Purworejo.

"Yang ingin kita lihat bersama adalah, semua komponen yang ada di masyarakat harus diikutsertakan dalam proses pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Karena ini salah satu yang juga dilakukan oleh Pusat Rehabilitasi YAKKUM," katanya.

Selanjutnya, Triwahyuni Suci Wulandari, sebagai salah satu penulis buku menyebutkan bahwa ada 3 jalan dalam memenuhi Indikator Desa Inklusi. Salah satunya adalah Jalan Kebudayaan, dimana upaya penguatan nilai inklusi sosial sebagai cara pandang dan perilaku warga desa, misalnya gotong royong dalam membuat bangunan publik. di desa lebih ramah bagi disabilitas. 

"Dalam buku ini, juga memasukkan mengenai Kelembagaan Desa yang Inklusif, dimana seharusnya disabilitas bisa menjadi kepala desa, perangkat desa, kepala dusun, maupun pemangku jabatan yang lain. Di Purworejo, alhamdulillah ada satu contoh bagus dimana salah satu Kepala Desa adalah disabilitas dan sudah menjabat 2 periode," jelasnya.

Dirinya berharap, launching buku ini dapat ditindak lanjuti dan didorong kembali oleh Pemerintah Daerah agar masuk ke RKPDes. 

"Disabilitas sebenarnya bisa kita angkat lewat pemberdayaan, karena program desa bisa didanai oleh APBDes. Semoga Dispermades bisa mendorong desa untuk bisa mewujudkan desa inklusi," pungkasnya. (Widarto)

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV